• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Biografi Tokoh Bermuatan Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama

    Thumbnail
    View/Open
    Main Sufanti.pdf (246.5Kb)
    Date
    2015-12-19
    Author
    Sufanti, Main
    Rahmawati, Fitri Puji
    Markhamah
    Fatimah, Nuraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah memaparkan kriteria biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi kehidupan beragama dan memaparkan proses penyusunan bahan ajar apresiasi biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi kehidupan beragama. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Datanya berupa wacana dalam biografi tokoh, informasi dari teman sejawat, dan pakar pembelajaran. Sumber data berupa biografi tokoh dan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan yang cermat terhadap biografi tokoh, focus Group discussion, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kritis. Hasil analisis disajikan dengan uraian formal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan hasil angket, ditemukan 44 kriteria biografi tokoh yang dapat dijadikan bahan ajar pendidikan toleransi kehidupan beragama yang dapat diklasifikasikan menjadi kriteria berdasarkan tokoh dan bentuk biografi. Kriteria berdasarkan tokoh dapat ditinjau dari: karakter, eksistensi, religiusitas, jasa/karya, dan bidang keahlian tokoh. Kriteria berdasarkan bentuk biografi meliputi: isi biografi, bahasa, jenis biografi, dan asal biografi. (2) Proses penyusunan bahan ajar apresiasi biografi tokoh yang bermauatan pendidikan toleransi beragama meliputi langkah-langkah: (a) menentukan biografi tokoh, (b) menentukan kompetensi dasar yang sesuai, (c) menyusun materi ajar, (d) menyusun LKS, (e) memberi ilustrasi, (f) menyunting, (g) validasi teman sejawat, dan (h) validasi ahli.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6355
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV