• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Pemerolehan Bahasa Melalui Metode Pembiasaan di Sekolah

    Thumbnail
    View/Open
    Nouval Rumaf.pdf (386.6Kb)
    Date
    2015-12-19
    Author
    Rumaf, Nouval
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran tidak hanya berlaku di sekolah saja, namun di luar lingkungan sekolah, pembelajaranpun berlaku dalam hal apapun. Dimana yang kita ketahui tentang pembelajaran adalah sesuatu yang secara sengaja atau tidak sengaja diperoleh dari pengalaman untuk perubahan segala tingkah laku ke arah yang lebih baik. Atau sebuah proses belajar dari pengalaman hidup yang berlaku untuk perbaikan diri. Pembelajaran bahasa dan pemerolehan bahasa merupakan dua hal yang berbeda, karena pembelajaran bahasa sendiri menyangkut dengan proses, upaya, aktivitas, dan kemauan seseorang untuk belajar dan memahami bahasa Indonesia, sedangkan pemerolehan bahasa adalah potensi yang dibawa sejak lahir selain potensi akal dan pikiran potensi bahasa pun sudah ada, sehingga manusia sejak lahir ke bumi secara tidak sadar dari umur 2 Tahun ke atas bisa memperoleh bahasa tanpa melalui proses pembelajaran. Sebagaimana Chomsky mengatakan bahwa manusia itu sejak lahir telah dilengkapi dengan kemampuan “nurani” yang memungkinkan manusia itu mempunyai kemampuan berbahasa. Dengan kata lain, manusia telah diciptakan menjadi mahluk berbahasa. kemudian dikembangkan melalui pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa. Prisip-prinsip pembelajaran bahasa dan pemerolehan bahasa selain berbeda juga keduannya saling menunjang dalam pembelajaran dan pengembangan bahasa Indonesia. Prinsip-prinsip pembelajaran tersebut yaitu 1) Humanisme, 2) Progresivisme, 3) Rekonstruksionisme, dan 4) Sibernetik. Prinsip pembelajaran bahasa ditinjau dari pemerolehan bahasa yaitu 1) Behaviorisme, 2) Natifisme, 3) Kognitivisme, dan 4) Interaksionisme. Implementasi prinsip-prinsip tersebut menggunakan metode pembiasaan untuk proses pembelajaran dan pemerolehan bahasa dapat dipahami secara luar biasa dan efektif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6360
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV