dc.contributor.author | Sukmono, Nur Dwi | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T01:37:50Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T01:37:50Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Jalaluddin & Idi Abdullah. 2011. Filsafat Pendidikan . Jakarta: Rajawali Pers Abuddin Nata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner . Jakarta: Raja Grafindo Persada. Giddens, Anthony. 1990. The Consequences of Modernity . Cambridge: Polity Dendy Sugono. 2002. Bahasa Indonesia Urutan Keempat di Dunia . http://www.icmi.or.id/berita-091002.htm Suyanto. 2002. Tanatangan Global Pendidikan Nasional . Makalah disampaikan pada 70 Tahun oleh prof. Dr. H.A.R Tilaar, M.Sc.Ed Effendi. 2007. Sikap Wajar Memandang Hari Depan Bangsa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Song, Liyan & Janette R. Hill. 2007. A conceptual model for understanding self-directed learning in online environments. Journal Of Interactive Online Learning , 6. Saha, D. 2006. Improving Indonesian Nursing Students’ Self-Directed Learning Readiness . Queensland University of Technology School of Nursing. Centre for Health Research. Diakses di http://eprints.qut.edu.au/16293/1/ Djenta_ Saha _Thesis.pdf Sunarto. 2008. Kemandirian belajar. Diakses di http://banjarnegarambs. wordpress.com/2008/09/10/kemandirian-belajar-siswa. Dryden, G & Vos, J. (2003). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution). Bandung. Kaifa. Musni Umar. 2013. Konsumeristik, Hedonistik dan Materialistik Hilangkan Spirit Juang Bangsa Indonesia . https://musniumar.wordpress.com/2013/04/18/musni-umar- konsumeristik-hedonistik-dan-materialistik-hilangkan-spirit-juang-bangsa-indonesia/ | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477‐636X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6361 | |
dc.description.abstract | Di Indonesia game masih menjadi aikon unggulan dibanding dengan materi ajar terutama di budaya kota. Pada masyarakat budaya kota ini ditandai oleh (1) Orientasi kehidupan ke masa depan; (2) Lebih bersifat rasional, pragmatis dan hedonistik; (3) Sangat menghargai waktu; (4) Bekerja dengan penuh perhitungan dan perencanaan yang cermat; (5) Komunikasi banyak bertumpu pada penggunaan peralatan teknologi komunikasi; (6) Kurang memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah; (7) Mengikuti budaya pop atau sesuatu yang sedang tenar; (8) Profesional dalam bekerja; (9)Cenderung individualistik; (10) Cenderung mengikuti budaya barat yang hedonistik, materialistik dan pragmatis.
Pemebelajaran bahasa Indonesia saat ini masih didominasi oleh anggapan kejenuhan sebagian besar siswa di Indonesia. Anggapan-anggapan itu muncul karena sekolah belum bisa menerapkan keberlangsungan pembelajaran secara menyenangkan dan yang terbarukan. Penggunaan metode pembeajaran SDL (Self Directed Learning) dalam pembelajaran bahasa Indonesia menerapkan sistem pembelajaran secara mandiri. Sistem pembalajaran secara mandiri ini dapat mengembangkan siswa secara aktif. Belajar secara aktif akan membuat siswa lebih paham dengan materi yang ia peroleh. Game android berkarakter dapat diberikan sejak anak usia Taman Kanak-kanak, bisa melalui game belajar membaca, atau untuk anak-anak usia Sekolah Menengah, bisa melalui game permainan kosa kata dan perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Untuk menyongsong MEA dan mengikuti pesatnya arus global Metode pembelajaran Self Directed Learning berbasis ICT dengan pemanfaatan Game Android Berkarakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia patut untuk dicoba dan diterapkan oleh para pendidik yang ada di Indonesia. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Self Directed Learning | in_ID |
dc.subject | ICT | in_ID |
dc.subject | Game Android | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran Bahasa Indonesia | in_ID |
dc.title | Metode Pembelajaran Self Directed Learning Berbasis ICT dengan Pemanfaatan Game Android Berkarakter untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |