Show simple item record

dc.contributor.authorFaizah, Ratnatul
dc.contributor.authorNurhafni
dc.date.accessioned2015-12-18T01:42:40Z
dc.date.available2015-12-18T01:42:40Z
dc.date.issued2015-12-19
dc.identifier.citationAbdulRofiq, Atep. 2015. Menakar Pengaruh Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 terhadap Pembangunan Indonesia. Jurnal Filsafat dan Budaya Hukum. Agus, Sri. 2013. Antropologi. Jakarta: Ganeca Exact. Akhadiah,dkk.1991.Pembelajaran Bahasa Indonesia. (www.lentera kecil.com. tanggal 27 November 2015 Pukul 18.00 WITA) Akin, Terri.,dkk. 1995. Character Education in America’s School. Califrornia: Innerchoice Publishing. Barker, Chris. 2015. Cultural Studies. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Barth, F.1969. Ethnic Groups and Boundaries. London: Allen & Unwin Brown, H. Douglas.2007.Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.Jakarta:Person Education Iskandarwasid, dan Dadang Sunendar. 2004.Strategi Pembelajaran Bahasa.Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya. Lickona, Thomas.2004.Character Matters. New York: Somon & Schuster. Phoenix, Tim Pustaka.2012.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta. PT Media Pustika Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. : Erlangga.in_ID
dc.identifier.issn2477‐636X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6363
dc.description.abstractMasyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi tidak memperhatikan pengaruh negatif teknologi tersebut, khususnya berpengaruh pada budaya tradisional dan bahasa nasional. Budaya atau etnis yang terdapat pada di setiap daerah kepulauan Indonesia dengan segala ciri khas berbeda yang terkadang mengakibatkan konflik karena tidak dapat bersatu dalam perbedaan. Hal itu disebabkan oleh tidak terbentuknya karakter bangsa. Salah satu upaya yang digunakan untuk membentuk karakter yaitu melalui pendidikan. Pendidikan karakter berbasis multietnis dapat dijadikan sebagai strategi agar pendidikan karakter tersebut menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa merasa ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter berbasis multietnis tidak memiliki mata pelajaran tersendiri sehingga dilakukan alternatif untuk mengaitkannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain mata pelajaran Bahasa Indonesia digunakan untuk membentuk pendidikan karakter berbasis multietnis yang dijadikan salah satu cara untuk memperkenalkan etnis-etnis yang ada di setiap daerah yang ada di Indonesia, pembelajaran bahasa Indonesia juga bertujuan mempertahankan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan pembelajaran bahasa yang lebih baik, serta mengutamakan etika diharapkan bahasa Indonesia dapat dijadikan bahasa pengantar orang-orang ASEAN yang akan bersaing di wilayah Indonesia pada era MEA. Pendidikan karakter berbasis multietnis ini diupayakan mampu membentuk karakter siswa dan mampu mempertahankan kepribadian bangsa dengan pendidikan karakter yang sudah tertanam pada siswa dalam manghadapi persaingan yang lebih tinggi pada era globalisasi, khususnya MEA.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkarakterin_ID
dc.subjectmultietnisin_ID
dc.subjectBahasa Indonesiain_ID
dc.subjectMEAin_ID
dc.titlePendidikan Karakter Berbasis Multietnis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menghadapi Era MEAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record