Optimalisasi Keterampilan Berbicara Dengan Teknik URW pada Siswa Kelas Awal di sekolah Dasar
View/ Open
Date
2015-12-15Author
Nurgubitasari, Alif Indah
Sukma, Hanum Hanifa
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara dengan teknik URW pada siswa kelas alah di Sekolah Dasar. Penelitian ini memaparkan teknik penilaian keterampilan berbicara dengan menggunakan teknik URW di kelas awal (kelas III) Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini adalah tindakan-tindakan dan dokumen tentang proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi,. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, sajian data, dan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa teknik RW dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran berbicara di kelas awal. Teknik penilaian pembelajaran URW dengan mengacu pada penilaian autentik dengan mempertimbangkan aspek kognitif, sikap, dan keterampilan