dc.identifier.citation | Basuki Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bowo, Sigit Arif. 2015. “Pengoptimalan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Aktif Reseptif dalam Pembelajaran Sastra” Makalah pendamping dipresentasikan pada Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, 30-31 Oktober 2015. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. (penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:RajaGrafindo Persada. Kusaeri. 2014. Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-ruzz Media. Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. _____________. 2011. “Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. Dalam Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 10, Nomor 2, Oktober 2011. Pangemanan, Anastasia. 2015. “70 Tahun Berbahasa Indonesia: ‘Merajut Kebhinekaan Menuju Bahasa Masyarakat Ekonomi ASEAN’. Makalah pada Seminar dan Lokakarya yand diselenggarakanBadan Bahasa pada 18 Agustus 2015. Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan Riannawati. 2012. “Sastra yang Mencerahkan”. Makalah disajikan dalam seminar nasional “Sastra yang Mencerahkan Jiwa” yang diselenggarakan oleh HMP PBSID FKIP UMS, Auditorium Muh. Djazman, 19 November 2012. Sufanti, Main dan Laili Etika Rahmawati. 2012. Teori Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: FKIP UMS. Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset. Suwandi, Sarwiji. 2010. Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka. | in_ID |