dc.contributor.author | Zulkifli | |
dc.contributor.author | Fithriya, Dhilla | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T02:01:38Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T02:01:38Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Anwar, Desi. 2000. Kamus Lengkap Inggris Indonesia. Surabaya: Karya Abditama. Arikunto, S & Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara. Bloom, Benjamin S. 1997. Taxonomy of Educational Objectives. London: Longman Publishing. Callison, Daniel. 2009. Authentic Assessment. Chicago: American Library Association. Chatib, Munif 2013. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa. Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2004. Penilaian Proyek, Jakarta : Balitbang Depdiknas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Haryati, Mimin. 2010. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press. Moody H.L.B. 1989. Metode Pengajaran Sastra. (Saduran B. Rahmanto). Jogjakarta: Kanisius. Nur, Muhammad. 2000. Strategi-strategi Pembelajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah, UNESA. Nurgiayanoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik. Jakarta: GMUP. Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarya: BPPE. Nurgiyantoro, Burhan dan Suyata Pujiati. 2012. Pengembangan Model Authentic Assesment dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: FPBS-UNY. Sudarwan. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Pusbangprodik. Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Suryanta, Alex. 2014. Bupena: Buku Penilaian Autentik Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Suyatno dan Subandiyah, heny. 2002. Metode Pembelajaran. Jakarta: Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Wiggin, G.P. 1993. Assessing Student Performance. San Fransisco: Jossey Bass, Inc. Zainul dan Nasution. 2001. Penilaian Hasil belajar. Jakarta: Dirjen Dikti. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477‐636X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6376 | |
dc.description.abstract | Salah satu teknik penilaian yang memiliki relevansi kuat dengan pendekatan saintifik seperti dalam pembelajaran sastra tradisional adalah penilaian otentik. Dalam pembelajaran bahasa, penilaian otentik tidak sekadar menanyakan pengetahuan bahasa yang telah dimiliki peserta didik, melainkan juga akan meminta peserta didik untuk menunjukkan kinerja nyatanya selaras dengan pengetahuan bahasa yang telah dimilikinya. Pembelajaran sastra tradisional erat kaitannya dengan pembelajaran bahasa, karena dalam pembelajaran satra tradisional peserta didik dapat mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penilaian otentik memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian tertulis. Instrumen yang dapat digunakan dalam penilaian otentik di antaranya daftar cek, skala penilaian, catatan pendidik, lembar soal, dan proyek yang harus dikerjakan peserta didik, baik secara individual maupun kelompok. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | penilaian otentik | in_ID |
dc.subject | sastra tradisional | in_ID |
dc.subject | pembelajaran bahasa | in_ID |
dc.title | Evaluasi Autentik terhadap Penilaian Pembelajaran Sastra Tradisional pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |