dc.contributor.author | Abut, Eduardus Y. | |
dc.contributor.author | Simanungkalit, Kaleb | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T02:05:44Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T02:05:44Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Baedhowi. 2007. Kebijakan otonomi Daerah Bidang Pendidikan Konsep dasar Impelentasi. Semarang. Pelita Insani. Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. Hadi, Soedomo. 2003. Pendidikan (Suatu Pengantar). Sebelas Maret University Press: Surakarta. Hidayat, Soleh. Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013. Jalaludin. Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan | Vol. 13 No. 2 Oktober 2012. Joyce, B & Weil M. 1980. Model Of Teaching, Engaliwood Cliffs. Prientice-Hall, Inc.: New Jersey. Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nasution, S. 1999. Asas-asas Kurikulum, Jakarta. Bumi Aksara. Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sutirna, H. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. CV. Andi Offset: Yogyakarta. Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477-363X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6378 | |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan sebuah strategi mencerdasakan manusia. Kecerdasan manusia menunjukkan identitas sebuah bangsa. Pendidikan yang berkualitas menunjukkan jati diri bangsa yang berkualitas pula. Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berkarakter memiliki kekhasan kebangsaan yang mampu meningkatkan kualitas bangsa di mata dunia terutama dalam menyongsong MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). MEA tidak perlu ditakukuti, tetapi harus disyukuri karena dengan itu, kita dapat menunjukkan kualitas bangsa kepada negara-negara lain. Untuk menudukung ini semua, perlu dibentuk sebuah karakter bangsa yang kuat, bermoral, sopan santun, dan multi kultural yang berkualitas dengan Bahasa Indonesia sebagai pemersatu. Oleh karena itu, menghadapi era MEA perlulah bangsa Indonesia mengembangkan model pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum pendidikan yang berkarakter kebangsaan Indonesia. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Model Pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Karakter Kebangsaan | in_ID |
dc.subject | MEA | in_ID |
dc.title | Menuju Kualitas Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Kebangsaan dalam Menyongsong Era MEA | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |