dc.contributor.author | Rochayati, Etty Viveria C. Bekti | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T02:12:23Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T02:12:23Z | |
dc.date.issued | 2011-12-19 | |
dc.identifier.citation | Hamdani.2007. Pelayanan Prima dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta : Pembinaan Kursus Kelembagaan Depdiknas. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia. Sugianto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa. DePorter, Bobbi, Mark Reardon dan Sarah Singer-Nourie. 2000. Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa. Margaree S. Crosby and Emma M. Owens. 2006. The Disadvantages of Tracking and Ability Grouping: A Look at Cooperative Learning as an Alternative.National Dropout Prevention Centre at Clemson University. ndpc@clemson edu. (diakses 1 Pebruari 2014). | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477-363X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6380 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat.Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat. Mendiskripsikan hasil pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat. Subyek penelitian adalah siswa SMAN Kebakkramat.. Hasil penelitian kerja sama siswa mengalami peningkatan dari 65 % menjadi 75 %, keaktifan siswa 60 % menjadi 75 %, Kedisiplinan siswa 60% menjadi 75%, Inisiatif siswa dalam kelompok 60% menjadi 75%, Kemampuan presentasi kelompok 60% menjadi 80%. Nilai rata-rata bahasa Indonesia pratindakan 61,73. Nilai rata-rata Bahasa Indonesia setelah tindakan 73,21. Peningkatan ini cukup tinggi , hal ini disebabkan siswa sudah dengan senang hati mengikuti pembelajaran sehingga hasilnya juga cukup baik. Dari penelitian ini disimpulkan siswa memberi tanggapan positif pembelajaran kartif kakising dalam pembelajaran bahasa Indonsia. Penerapan pembelajaran dengan kartif kakising di SMAN Kebakkramat berhasil dan membuat siswa menjadi aktif.. Proses pembelajaran dengan kartif kakising di SMAN Kebakkramat baik dan menyenangkan Pembelajaran bahasa Indonsia menjadi menarik terlihat siswa menjuari berbagai kejuaraan di bidang bahasa Indonesia. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kartif | in_ID |
dc.subject | kakising | in_ID |
dc.subject | pembelajaran bahasa Indonesia | in_ID |
dc.title | Kartif Kakising Alternatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN Kebakkramat | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |