dc.contributor.author | Dianastiti, Firstya Evi | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T02:14:41Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T02:14:41Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Donaldson, Graham. 2013. “The Twety-First Century Professional”. Journal Teaching Profession for The 21st Century, Centre for Education Policy, UNESCO Chair, ISBN 978-86-87753-09-9. Joyce, Bruce, Masha Weil, Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching, Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013, Kajian Teoretis dan Praktis. Bandung: Interes Media Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Yatena. 2011. Mudah dan Menyenangkan Belajar Sinonim dan Antonim Menggunakan Kartu Kwartet. Dalam http://agupenajateng.net/2011/04/18/2787/. Diakses pada 5 September 2015 | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477-363X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6381 | |
dc.description.abstract | Paradigma baru pembelajaran bahasa Indonesia saat ini tengah diupayakan untuk mengubah orientasi pembelajaran bahasa yang teoretis gramatikal ke arah fungsi komunikatif. Berkaitan dengan model pembelajaran, menurut paradigma lama guru hanya menggunakan satu model pembelajaran, yaitu ceramah dan mencatat, sehingga peserta didik justru pasif dan tidak berkembang. Adapun menurut paradigma baru, guru wajib menggunakan berbagai model pembelajaran interaktif yang sesuai dengan materi dan kondisi peserta didik. Peserta didik harus terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Model CINTA merupakan perpaduan dari model induktif-kata bergambar dengan model sinektik. Perpaduan kedua model ini dilakukan untuk menghasilkan model yang lebih mengoptimalkan daya kreativitas menulis. Sintagmatik model CINTA, yaitu Cermati, Investigasi, Narasikan, Telaah, dan Apresiasi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | model pembelajaran | in_ID |
dc.subject | bahasa Indonesia | in_ID |
dc.subject | keterampilan menulis | in_ID |
dc.title | Model Cinta sebagai Inovasi Model Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Pengoptimalan Keterampilan Menulis Siswa SMP | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |