dc.contributor.author | Susanto, Heru | |
dc.contributor.author | Sunarsih, Eti | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T02:26:12Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T02:26:12Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogjakarta : Pustaka Pelajar. Miftahul A’la. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Pers. Nurjamal, D, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Slavin, Robert, E. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media. Sugiyanto.2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka. Tarigan, Henry. Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa. Usman, Moh. User. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477-363X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6385 | |
dc.description.abstract | Menyimak merupakan langkah awal dari proses pembelajaran berbahasa. Menyimak juga merupakan keterampilan yang pertama kali dipelajari dan dikuasai manusia. Berkaitan dengan kemampuan menyimak ini, siswa harus mampu mengingat dan menghubungkan serta menafsirkan serangkaian fakta yang didengar maupun dibaca. Menyimak merupakan syarat mutlak untuk memahami dan menguasai informasi baik berupa ilmu pengetahuan secara bersungguh-sungguh dengan penuh pemahaman dalam proses mendengarkan untuk memperoleh informasi. Dalam menyimak itu sendiri terdapat unsur kesengajaan agar di dalam menyimak kita dapat memahami, mengevaluasi hingga menanggapi gagasan atau ide terhadap apa yang disimak. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar khususnya hasil belajar menyimak dongeng pada siswa SMP, maka diperlukan suatu formula yang dapat memotivasi dan membangkitkan daya ingat siswa terhadap apa yang didengar dan dibaca dari bahan pelajaran yang diberikan oleh guru dengan pemberian model pembelajaran yang tepat dan efektif yaitu salah satunya dengan model pembelajaran Cooperative tipe Script. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Menyimak | in_ID |
dc.subject | Dongeng | in_ID |
dc.subject | Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script | in_ID |
dc.title | Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa SMP | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |