• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Social Stories Wayang Punakawan sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

    Thumbnail
    View/Open
    5-Listyo Yuwanto.pdf (458.1Kb)
    Date
    2014-05-24
    Author
    Yuwanto, Listyo
    Maria, Cyntia
    Septine, Sonya
    Santoso, Meliawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Social stories Punakawan merupakan media pendidikan karakter anak usia dini berbasis kearifan lokal dengan keunikan a) cerita pendek memuat karakter positif dalam kehidupan sehari-hari, b) konkret dan lucu menggunakan media wayang kulit punakawan memungkinkan interaksi secara langsung dengan anak-anak melalui dialog dan sentuhan fisik, c) mengandung sisipan permainan dan tembang/lagu tradisional bermuatan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan proses social stories punakawan dan mengevaluasi kemanfaatan social stories Punakawan untuk pendidikan karakter anak usia dini. Subjek penelitian 14 pendidik anak usia dini di Desa Kepuharjo Cangkringan Sleman dari total 35 pendidik anak usia dini yang telah mendapatkan pelatihan dan menerapkan social stories Punakawan sebagai media pendidikan karakter anak usia dini. Kemanfaatan social stories punakawan diukur menggunakan self repport secara kualitatif terdiri atas a) kesulitan yang dialami saat memberikan social stories punakawan, b) manfaat metode social stories untuk pendidikan karakter anak usia dini, c) perubahan perilaku sebelum dan setelah mendapatkan social stories punakawan. Hasil penelitian menunjukkan 11 (78,6%) subjek menyatakan tidak mengalami kesulitan dalam memberikan social stories punakawan, dan 3 (21,4%) mengalami kesulitan. Seluruh pendidik anak usia dini menyatakan social stories memberikan manfaat dengan indikasi adanya perubahan perilaku anak sebelum dan setelah mendapatkan social stories punakawan. Beberapa hal yang mendukung kemanfaatan social stories Punakawan sebagai media pendidikan karakter : a) Kesesuaian konteks punakawan dan budaya anak-anak usia dini, b) kreativitas pendidik anak usia dini dalam menyampaikan social stories punakawan, c) cerita yang dirancang sesuai kehidupan sehari-hari anak usia dini, dan d) kesesuaian metode dengan tahapan perkembangan kognitif anak usia dini. Saran yang dapat diberikan a) perlu adanya penyesuaian social stories punakawan anak-anak usia dini dengan latar belakang budaya yang berbeda (misalnya bahasa, konteks cerita), b) perlu adanya pengembangan alat ukur kemanfaatan social stories secara kuantitatif, dan c) perlunya alternatif media wayang sehingga social stories punakawan tetap dapat diterapkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6393
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV