Now showing items 1-20 of 36

    • Upaya Mengenalkan "Indahnya Persahabatan": Implementasi Pendidikan Berkarakter 

      Mayrita, Hastari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang memuat mata pelajaran yang berorientasi pada penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kurikulum 2013 lebih mengarahkan peserta didik untuk memiliki potensi diri yang berkarakter ...
    • Penilaian Otentik di Pendidikan Anak Usia Dini dalam Mengukur Kesiapan Sekolah Anak 

      Hapsari, Melati Ismi; Dimyati, Johni (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Saat ini terjadi fenomena di masyarakat dimana faktor yang dianggap paling penting pada kesiapan sekolah anak adalah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Hal ini bertentangan dengan hakikat Pendidikan Anak Usia Dini ...
    • Memfungsikan Bilangan Pecahan dalam Validitas Konstrak 

      Hamdi, Syukrul (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Instrumen yang baik adalah instrumen yang valid dan reliabel. Selain valid dan reliabel, data yang diperoleh dari penggunaan sebuah instrumen diharapkan mendekati kenyataan. Pada umumnya, instrumen yang digunakan dalam ...
    • Dimensi Optimisme pada Remaja 

      Pratisti, Wiwien Dinar; Helmi, Avin Fadilla (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Di dalam UU RI NO 17 TAHUN 2007, pendidikan karakter bangsa bertujuan untuk menciptakan anak bangsa yang Tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, patriotik, dinamis, berbudaya, dan ...
    • Pendidikan Berkarakter melalui Pembelajaran Sastra 

      Andriani, Margareta (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tulisan ini membahas pendidikan berkarakter melalui pembelajaran sastra. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk membentuk kepribadian seseorang agar menjadi manusia yang berakhlak mulia dan memiliki karakter yang baik. ...
    • Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient pada Guru Sekolah Dasar di SLB-D X Bandung 

      Wangi, Eneng Nurlaili; Ningsih, Prayudha Setya (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Pendidikan berhak diikuti setiap orang, termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu sekolah bagi anak berkebutuhan khusus terutama berkaitan dengan kecacatan fungsi anggota tubuh adalah SLB-D X Bandung. Sekolah ...
    • Ulasan Deskriptif Validitas dalam Suatu Alat Ukur 

      Pratama, Arief Yudha; Irawan, Asep; Uswandari, Baiq Dian; Cahyati, Iin; Minarsih; Laila, Rahma Noor; Fajriyati, Yasrin Nur; Ruzni, Amanue (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam validitas yang dipergunakan dalam jurnal penelitian tentang validitas alat ukur psikologi dan sejauhmana suatu alat ukur berfungsi secara akurat. Data diambil ...
    • Validasi The Gratitude Questionnare (GQ-6) 

      Yuwanto, Listyo; Maria, Cyntia; Septine, Sonya; Santoso, Meliawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Bersyukur (gratitude) merupakan salah satu karakter penting demi tercapainya kebahagiaan dan kesejahteraan hidup bagi masyarakat yang terdampak Erupsi Merapi. Terapi bersyukur merupakan bentuk trauma healing yang dilakukan ...
    • Peran Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anti Bullying Siswa 

      Susandari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Perilaku Bullying seringkali terjadi di lingkungan sekolah karena itu memerlukan peran serta sekolah dalam menanggulanginya sehingga tidak menjadi berlarut-larut dan menjadi budaya bangsa yang berujung pada premanisme. ...
    • Pengembangan dan Validasi Instrume "Persepsi Siswa tehadap Karakter Moral Guru" di Indonesia dengan Model Rasch 

      Misbach, H.; Sumintono, Bambang (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi pendahuluan (pre-liminary study) untuk mengembangkan sistem pendidikan moral di Indonesia yang lebih akuntabel dan terukur (accountable dan measureable). Pre-liminary study ...
    • Efektivitas Journaling-Feedback Terhadap Kemampuan Belajar Berdasar Regulasi Diri Siswa SDN Alastuwa 1 

      Surawi, Anton; Budyartati, Sri; Sularso, Pryo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Budaya menulis dan membaca siswa lebih terkalahkan oleh budaya mereka menerima materi instan yang diberikan oleh guru, sehingga keinginan untuk belajar mandiri pada siswa akan menjadi rendah. Maka dilakukan penelitian yang ...
    • Pengembangan Model Pembelajaran Character Project Citizen (CPC) Untuk Memperkuat Nilai Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Surakarta 

      Trisiana, Anita (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Dengan diterapkannya Kurikulum 2013 maka diharapkan ditemukan sebuah pengembangan model pembelajaran Character Project Citizen dalam Pendidikan Kewarganegaraan yang akan memperkuat nilai moral sebagai pilar pendidikan ...
    • Korelasi Antara Cfit, Tes Pemahaman, dan Tes Berhitung pada Siswa Kelas XII di Kepulauan Mentawai 

      Nurcahyo, Firmanto Adi; Suprapto, Maria Helena; Boeditjahjono, Jophita Hosea; Putriadi, Gabriela Erika (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tes intelegensi merupakan suatu tes yang mengungkap kecerdasan individu. Culture Fair Intelligence Test (CFIT) yang dikembangkan oleh Raymond B. Cattel dirancang untuk mengukur fluid ability atau kemampuan kognitif seseorang ...
    • Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika 

      Tanujaya, Benidiktus (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan mulai dari pengembangan definisi konseptual, definisi operasional, penetapan ...
    • Pendidikan Karakter Mahasiswa: Memberikan Suri Tauladan terhadap Dosen 

      Amalia, Sulfi; Ningsih, Juni Wulan (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tujuan dari tulisan ini adalah menjelaskan tentang strategi mahasiswa dalam memberikan suri tauladan pada dosen yang malas dengan cara yang tidak menyakitkan hati. Dalam dunia pendidikan, dosen harus menjadi contoh pada ...
    • Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa dengan Kedisiplinan dan Pembiasaan 

      Palupi, Yulia (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tantangan pendidikan saat ini adalah krisis jati diri dan kebangsaan yang tercederai oleh sejumlah perilaku yang bertentangan dengan hakekat pendidikan tersebut. Tantangan bagi dunia pendidikan diantaranya adalah tindakan ...
    • Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik dan Validasinya 

      Sujati, H. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Pada saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencar mempropagandakan pelaksanaan Kurikulum 2013 karena diharapkan pada tahun 2015 semua sekolah sudah menerapkan kurikulum baru tersebut. Salah satu aspek penting ...
    • Pendidikan Karakter Taruna Sekolah Tinggi Kedinasan 

      Rahmawati, Kurnia (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Sekolah tinggi kedinasan merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah naungan kementerian perhubungan. Mahasiswa yang bersekolah di sekolah kedinasan biasanya dikenal dengan istilah taruna. Pendidikan karakter yang ...
    • Adaptasi Bahasa dan Budaya Skala Psychological Well-Being 

      Rachmayani, Dita; Ramadhani, Neila (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Psychological Well-Being (PWB) merupakan sebuah konsep psikologis yang dikemukakan oleh Ryff & Keyes (1995) yang menggambarkan keberfungsian individu untuk mandiri, menyadari potensi diri, dapat menguasai lingkungannya, ...
    • Invariansi Sebagai Bukti Validitas Pengukuran 

      Ridho, Ali (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tantangan yang dihadapi sebuah pengukuran adalah bagaimana tes menghasilkan skor yang presisi sepanjang skala pengukuran, komparabel, dan adil. Konsepsi validitas dalam pengukuran pendidikan dan psikologi mulai jelas sejak ...