Show simple item record

dc.contributor.authorHamdi, Syukrul
dc.date.accessioned2015-12-19T02:29:42Z
dc.date.available2015-12-19T02:29:42Z
dc.date.issued2014-05-24
dc.identifier.citationAllen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. California: Brooks/Cole Publishing Company. Brennan, R.L. (2013). Commentary on “Validating the Interpretations and Uses of Test Scores” Journal of Educational Measurement Spring 2013, Vol. 50, No. 1, pp. 74–83 Djemari Mardhapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press Ebel, R. L., & Frisbie, D. A. (1986). Essential of educational measurement (ed). New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Kane, M.T. (2013). Validating the Interpretations and Uses of Test Scores. Journal of Educational Measurement Spring 2013, Vol. 50, No. 1, pp. 1–73 Negoro & Harahap. (2010). Ensiklopedia matematika. Bogor: Ghalia Indonesia Saifuddin Azwar. (2012). Reliabilitas dan validitas, edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6407
dc.description.abstractInstrumen yang baik adalah instrumen yang valid dan reliabel. Selain valid dan reliabel, data yang diperoleh dari penggunaan sebuah instrumen diharapkan mendekati kenyataan. Pada umumnya, instrumen yang digunakan dalam sebuah penelitian sosial berupa instrumen sikap, minat, karakter, konsep diri dan lain sebagainya yang berbentuk bilangan bulat, misalnya instrumen yang menggunakan skala likert yang terdiri atas lima pilihan dengan skor tertinggi tiap butir adalah 5 dan skor terendah adalah 1. Dari sana bisa dilihat jika skala likert tidak menfasilitasi responden untuk menjawab pilihan antara 1 dan 2, 2 dan 3, 3 dan 4, 4 dan 5 yang sebenarnya lebih variatif dan mendekati kenyataan dalam memfasilitasi responden yang memiliki jawaban selain 5 pilihan pada skala likert. Dalam pembuktian validitas konstrak dengan analisis faktor, nilai pecahan 0,1 sangat berarti apalagi 0,9 sehingga dibutuhkan inovasi dari para ahli pengukuran untuk memanfaatkan IT yang terus mengalami perubahan dan penyempurnaan salah satunya melalui pengembangan instrumen dalam penelitian sosial dengan komputer dan memberikan pilihan menggunakan sistem slider sehingga hasil pengukurannya diharapkan lebih mendekati kenyataan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectinstrumenin_ID
dc.subjectbilangan pecahanin_ID
dc.subjectvaliditas konstrakin_ID
dc.titleMemfungsikan Bilangan Pecahan dalam Validitas Konstrakin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record