Efektivitas Journaling-Feedback Terhadap Kemampuan Belajar Berdasar Regulasi Diri Siswa SDN Alastuwa 1
View/ Open
Date
2014-05-24Author
Surawi, Anton
Budyartati, Sri
Sularso, Pryo
Metadata
Show full item recordAbstract
Budaya menulis dan membaca siswa lebih terkalahkan oleh budaya mereka menerima materi instan yang diberikan oleh guru, sehingga keinginan untuk belajar mandiri pada siswa akan menjadi rendah. Maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas Journaling-feedback terhadap self regulated learning siswa SD. Pendekatan kuantitatif yang digunakan adalah quasi eksperimen. Angket SRL siswa dan Rating Scale dari guru untuk siswa digunakan untuk mengukur pengaruh Journaling-feedback terhadap Self Regulated Learning melalui komponen SRL menurut Zimmerman. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Alastuwa 1 yang berjumlah 37 siswa. Angket SRL siswa dan Rating Scale dari guru untuk siswa digunakan untuk mengukur pengaruh Journaling-feedback terhadap Self Regulated Learning melalui komponen SRL menurut Zimerman. Journaling-feedback divalidasi dengan melakukan Forum Group Discuss pada 8 orang expert. Hasil uji hipotesis melalui uji-t dengan α= 1% diperoleh pada angket SRL siswa ρtabel =0,27, ρobs= 0,82 > ρtabel. Sedangkan pada rating scale dari guru untuk siswa diperoleh ρtabel =0,27, ρobs= 0,34 > ρtabel. Jadi, hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan Journaling-feedback terhadap Self Regulated Learning Siswa SDN Alastuwa 1.