• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    28-Benidiktus Tanujaya.pdf (517.8Kb)
    Date
    2014-05-24
    Author
    Tanujaya, Benidiktus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan mulai dari pengembangan definisi konseptual, definisi operasional, penetapan konstruk, dimensi, dan indikator, hingga penyusunan kisi-kisi, penyusunan butir, validasi pakar, dan uji coba. Data hasil uji coba dianalisis dengan analisis faktor dan analisis structural equation modelling (SEM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor penyusun instrumen mempunyai validitas dan reliabilitas yang baik. Hasil instrumen ini mengelompokkan siswa SMA dalam 5 kategori keterampilan berpikir kritis. Hasil pengelompokkan merupakan tingkatan keterampilan berpikir siswa yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6416
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV