Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Etti
dc.date.accessioned2015-12-21T02:32:55Z
dc.date.available2015-12-21T02:32:55Z
dc.date.issued2014-05-24
dc.identifier.citationBaker. F. B. (2001). The basics of item response theory. New York : Cleringhouse on Assessment and Evaluation. Crocker. L. & Algina. J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. New York : Holt, Rinehart and Winston, Inc. Hambleton, R. K. (1989). Principles and selected applications of item response theory. In R. L. Linn (Ed.), Educational Measurement. 147–200. Hambleton. R. K. & Swaminathan. H. (1985). Item response theory. Boston : Kluwer Nijhoff Publisher. Hambleton. R. K., Swaminathan. H, & Rogers. H. J. (1991). Fundamentals of item response theory. California : SAGE Publication, Inc. Harvey, R.J. & Thomas, L. A. (1996). Using item response theory to score the myers-briggs type indicator: rational and research findings. Journal of Psychological Type, 37, 16 -60. Johnson. M. S. (2004). Aitem response models and their use in measuring food insecurity and hunger. City University of New York. LPSP3 UI. (2012) . Intelligenz Struktur Test, Manual dan Norma. Jakarta. LPSP3 Fakultas Psikologi UI. Naga. D. S. (1992). Pengantar Teori Skor. Jakarta. Gunadarma. Scheuneman. J. D. & Bleistein. C. A. (1989). A Consumers’s guide to statistics for identifying differential item functioning. Applied Measurement in Education, 2 (3), 255-275. Suryabrata. S. (2004). Pengembangan alat ukur psikologis. Yogyakarta: ANDI. Zenisky. A. L., Hambleton. R. K., & Robin. F. (2003). Detection of differential item functioning in large-scale state assessments: A Study evaluating a two-stage approach. Educational and Psychological Measurement, 63 (1), 51-64.in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6418
dc.description.abstractIntelligenz Struktur Test (IST) merupakan satu dari banyak tes mengukur inteligensi yang masih sering digunakan meskipun usianya lebih dari 40 tahun sejak pertama sekali diadaptasi ke dalam versi Indonesia. Memastikan bahwa aitem-aitem IST masih memiliki kualitas yang baik untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dirasakan perlu agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan akibat penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah IST masih memiliki kualitas yang baik dengan menganalisis tingkat kesukaran aitem, daya diskriminasi aitem, dan peluang tebakan semu menggunakan pendekatan item response theory dengan metode marginal maksimum likelihood menggunakan Program R. Pendekatan item response theory digunakan karena kemampuan teori ini mengestimasi karakteristik psikometri aitem tanpa tergantung oleh karakteristik peserta, dan sebaliknya karakteristik peserta tanpa tergantung pada karakteristik psikometri aitem sehingga dapat menghasilkan pengukuran yang equivalen pada peserta dari berbagai kelompok penelitian yang berbeda dan lebih dapat dipercaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa 53.125% dari aitem-aitem IST yang dianalisis memiliki karakteristik psikometri yang kurang baik menurut batasan psikometri.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKarakteristik Psikometriin_ID
dc.subjectItem Response Theoryin_ID
dc.subjectIntelligenz Struktur Test (IST)in_ID
dc.titleEvaluasi Karakteristik Psikometri Intelligenz Struktur Test (IST)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record