Optimasi Pengukuran Hasil Belajar melalui Computerized Intelligent Measurement Model Fuzzy
Abstract
Makalah ini dimaksudkan untuk menyampaikan hasil penelitian dalam upaya meningkatkan akurasi pengukuran hasil belajar melalui pendekatan Computerized Intelligent Measurement (CIM) dengan model logika fuzzy. Hal itu bertujuan untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang optimal dan berkeadilan. Optimal karena pengukuran dilakukan secara efektif dan efisien, sedangkan berkeadilan karena butir-butir tes dipilih melalui komputasi cerdas model logika fuzzy, yang sesuai dengan karakteristik peserta tes. Model sistem pengukuran tersebut sangat diperlukan untuk membantu proses evaluasi pembelajaran yang lebih bermakna, agar pengambilan keputusan hasil evaluasi belajar seoptimal mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan.
Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R & D) ini, menerapkan sistem computerized intelligent measuremnt (CIM) model logika fuzzy. Materi tes yang diperlukan distandarisasi melalui serangkaian uji coba dan analisis butir dengan item response theory (IRT) untuk memperoleh parameter dan karakteristik butir yang selanjutnya dijadikan basis data item bank. Sistem inferensi dalam CIM dilakukan dengan algoritma logika fuzzy. Logika fuzzy berfungsi untuk keakurasian, keadilan dan ketepatan pemilihan butir-butir tes berdasar respon jawaban benar-salah peserta tes. Berdasar data respon jawaban, estimasi kemampuan peserta tes di analisis dengan maksimum Likelihood.
Hasil yang diperoleh adalah bahwa pengukuran hasil belajar dengan pendekatan CIM model logika fuzzy mampu: (1) Memilih butir tes dengan akurat dan tepat sesuai dengan karakteristik peserta tes. (2) mengemas banyak butir tes sesuai dengan tingkat kemampuan peserta tes sehingga pengukuran menjadi lebih efektif dan efisien. (3) melakukan estimasi kemampuan peserta tes dengan baik. Simpulan temuan penelitian bahwa CIM model logika fuzzy mampu meningkatkan akurasi hasil pengukuran sehingga dapat menghasilkan penilaian yang optimal.