Show simple item record

dc.contributor.authorMayrita, Hastari
dc.date.accessioned2015-12-21T02:55:45Z
dc.date.available2015-12-21T02:55:45Z
dc.date.issued2014-05-24
dc.identifier.citationAmir, Adriyetti. 2013. Sastra Lisan Indonesia. Jogjakarta: Andi Jogjakarta. Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa. Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena. Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Press. Sopandi. 2010. Asyiknya Mendongeng. Bogor: Quadra. Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6424
dc.description.abstractKurikulum 2013 adalah kurikulum yang memuat mata pelajaran yang berorientasi pada penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kurikulum 2013 lebih mengarahkan peserta didik untuk memiliki potensi diri yang berkarakter baik. Hal ini sesuai dengan tujuan kurikulum 2013, yaitu menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter. Tujuan ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu peserta didik diharapkan dapat menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab (UUD No. 20 Tahun 2003, pasal 3). Melalui penyampaian legenda daerah setempat (Sumatera Selatan), peserta diharapkan dapat memupuk nilai-nilai moral yang baik bagi masyarakat sejak dini. Adapun cerita yang akan disampaikan adalah cerita yang mengandung nilai moral tentang indahnya persahabatan. Hal ini sesuai dengan tema kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD, yaitu “Indahnya Persahabatan”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran mengenalkan “Indahnya Persabahatan” sebagai tema kurikulum 2013 untuk kelas III SD melalui penyampaian legenda daerah dengan bantuan media proyektor. Selain itu, penelitian ini juga membahas bagaimanakah kemampuan siswa memamahi makna “indahnya persahabatan” setelah dikenalkan dengan cerita dan makna yang terkandung dalam legenda daerah mereka. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas III SDN 242 Palembang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan observasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecttemain_ID
dc.subjectkurikulum pendidikan berkarakterin_ID
dc.subjectlegendain_ID
dc.titleUpaya Mengenalkan "Indahnya Persahabatan": Implementasi Pendidikan Berkarakterin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record