• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Banyumasan Untuk Pendidikan Karakter di Taman Kanak-Kanak

    Thumbnail
    View/Open
    8-Tri Naimah.pdf (748.2Kb)
    Date
    2015-06-13
    Author
    Na’imah, Tri
    Hapsari, Melati Ismi
    Dwiyanti, Retno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan karakter dengan berbasis budaya lokal penting diselenggarakan sejak dini. Salah satu ungkapan nilai kultural masyarakat Jawa Tengah adalah wayang kulit. Wayang gagrag banyumasan mempunyai ciri khas tersendiri dengan tokoh Bawor. Bawor mempunyai nuansa kerakyatan yang kental sebagaimana karakter masyarakatnya, yaitu jujur dan terus terang, ekspresif dan sifatnya lebih bebas, sederhana, lugas dan mampu bertahan. Memasukkan wayang dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran di TK, akan mempunyai dampak yang positif, bukan saja bagi upaya pelestarian budaya lokal, akan tetapi juga untuk kepentingan pendidikan karakter. Karakter yang termuat dalam wayang dapat diinternalisasi melalui bahan ajar dan media pembelajaran di semua aspek perkembangan.Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Memberikan pengetahuan teoritis tentang pendidikan karakter di TK, 2) Melatih guru membuat media wayang BAWOR. Kelompok sasaran adalah guru-guru dari Ikatan Guru Bustanul Athfal Banyumas dan IGTKI kecamatan Purwokerto Timur. Kegiatan yang sudah terlaksana adalah : 1) pelatihan tentang pendidikan karakter di TK, 2) Pelatihan membuat media wayang BAWOR. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Luaran yang sudah dihasilkan kegiatan ini adalah : 1) peningkatan pemahaman tentang pendidikan karakter di TK yang ditunjukkan dengan hasil post tes. 2) Peningkatan keterampilan dalam membuat media wayang BAWOR, yaitu dari aspek komposisi warna, kerapian dalam pengguntingan, kerapian dalam pewarnaan, dan ketepatan bentuk bawor.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6449
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV