• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Berpikir Positif Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas

    Thumbnail
    View/Open
    5-Bayu Prakosa.pdf (537.2Kb)
    Date
    2015-06-13
    Author
    Prakosa, Bayu
    Partini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap siswa berharap terhindar dari rasa cemas ketika berbicara di depan kelas, namun kenyataannya banyak siswa mengalami perasaan negative seperti: takut salah atau ditertawakan, malu, merasa tidak bisa, atau merasa dirinya tidak mampu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas dan mengetahui kontribusi berpikir positif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas. Penelitian dilakukan di SMA Negri Blora kelas XI berjumlah 136 siswa. Dengan menggunakan analisis regresi satu predictor diperoleh hasil ada hubungan negative yang sangat signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas (R=-0,589, p = 0,000). Sedangkan sumbangan berpikir terhadap penurunan kecemasan berbicara di depan kelas sebesar 34,7%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6515
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV