• Login
    View Item 
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Inovasi Sekolah Dasar
    • View Item
    •   Home
    • Unggah Pengalihan Publikasi
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Inovasi Sekolah Dasar
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    POLA PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL DI NII AL.ISLAM KARTASURA SUKOHARJO

    Thumbnail
    View/Open
    POLA PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL.pdf (4.217Mb)
    Date
    2014-05-05
    Author
    Minsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola pengembangan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal siswa program full day school di MI Al Islam Kartasura Sukoharjo yang terfokus pada proses pelaksanaan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik ya11g menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: obeservasi, dokumentasi dan wawantara. Analisis data melalui reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pelaksanaan pengembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal di MI Al Islam Kartasura melalui: (1) proses rekrutmen dan seleksi siswa madrasah, (2) aplikasi kurikulum dalam proses pembelajaran, (3) metode belajar aktif, (a) peran aktif guru, d'an (5) kegiatan ekstrakurikuler. Rekrutmen dan seleksi siswa melibatkan guru bimbing-an konseling yang secara aktif melalui wawancara mengeksplorasi kemampuan siswa, terutama komponen kompetensi personal yang meliputi intrapersonal dan interpersonal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui informasi awal terkait kondisi siswa yang akan dididik. Kekuatan yang dimiliki oleh MI Al Islam Kartasura dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan intipersonal tidak bertumpu pada sebuah kegiatan yang dirancang khusus, namun lebih kepada pemanfaatan berbagai kegiatan yang telah ada dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan melibatkan semua stakehoders. Kecerdasan intrapersonal dan interpersonal dikembangkan melalui beberapa mata pelajarat, antara lain: Bahasa Indonesia, Seni nudaya, dan Ilmu-pengetahuan Alam. Dalam proses belajar aktif, guru lebih berperan sebagai fasilitator. Guru melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, selain itu siswa melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis, sehingga para siswa tampak menikmati proses pembelajaran. Pengembangan tecerdasan intrapersonal yang dilakukan di madrasah, guru memiliki peran yang sirategis untuk mencapai tujuan pembelaj aran yang diinginkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6642
    Collections
    • Inovasi Sekolah Dasar

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV