Show simple item record

dc.contributor.authorMinsih
dc.date.accessioned2016-02-13T07:02:58Z
dc.date.available2016-02-13T07:02:58Z
dc.date.issued2014-05-05
dc.identifier.citationAndyda Meliala. 2004. Anok ajaib, Temukan dan kembangkan keajaiban anak anda me I alui ke c erdas an maj emuk. Yogyakarta: Andi Offset. Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah para juara. Bandung:Kaifa. Ary Ginanjar Agustian. 2001. Emotional sp iri tu al quo t i ent. J akarta: Ar ga. Campbell, Linda, Campbell, Bruce, Dickinson, Dee. 2002. Melesatkan kecerdasan. (Terjemahan Tim Inisiasi). Jakarta: Inisiasi Press. Coles, Robert. 2003. Menumbuhkan kecerdasan moral pada anak. Jakarta: Gramedia Pustaka. Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan karakter. Jakarta: Grasindo. Freeman, Joan dan Utami Munandar. 1996. Cerdas dan cemerlang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligences. (Terjemahan Alexander Sindoro). Batam: Interaksara. Gordon, Thomas. 1996. Mengajar anak berdisiplin diri di rumah dan di sekolah. Jakarta'. Gramedia Pustaka Utama. Julia Jasmine. 2007. Mengajar Berbasis Mult ip I e Int e I I igenc es . Bandtng: Nuansa. Khaeruddin, Machfud Junaedi, dkk. 2007. Kurikulum tingkat satuan pendidikan, konsep dan implementasinya di modrasah. Yogyakarta: Pilar Media. Megawangi, Ratna, Melly Latifah, Wahyu Farrah Dina. 2008. Pendidikon holistik. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.in_ID
dc.identifier.issn2335-7346
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6642
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola pengembangan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal siswa program full day school di MI Al Islam Kartasura Sukoharjo yang terfokus pada proses pelaksanaan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik ya11g menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: obeservasi, dokumentasi dan wawantara. Analisis data melalui reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pelaksanaan pengembangan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal di MI Al Islam Kartasura melalui: (1) proses rekrutmen dan seleksi siswa madrasah, (2) aplikasi kurikulum dalam proses pembelajaran, (3) metode belajar aktif, (a) peran aktif guru, d'an (5) kegiatan ekstrakurikuler. Rekrutmen dan seleksi siswa melibatkan guru bimbing-an konseling yang secara aktif melalui wawancara mengeksplorasi kemampuan siswa, terutama komponen kompetensi personal yang meliputi intrapersonal dan interpersonal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui informasi awal terkait kondisi siswa yang akan dididik. Kekuatan yang dimiliki oleh MI Al Islam Kartasura dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan intipersonal tidak bertumpu pada sebuah kegiatan yang dirancang khusus, namun lebih kepada pemanfaatan berbagai kegiatan yang telah ada dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan melibatkan semua stakehoders. Kecerdasan intrapersonal dan interpersonal dikembangkan melalui beberapa mata pelajarat, antara lain: Bahasa Indonesia, Seni nudaya, dan Ilmu-pengetahuan Alam. Dalam proses belajar aktif, guru lebih berperan sebagai fasilitator. Guru melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, selain itu siswa melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis, sehingga para siswa tampak menikmati proses pembelajaran. Pengembangan tecerdasan intrapersonal yang dilakukan di madrasah, guru memiliki peran yang sirategis untuk mencapai tujuan pembelaj aran yang diinginkan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKecerdasanin_ID
dc.subjectIntrapersonain_ID
dc.subjectInterpersonalin_ID
dc.titlePOLA PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL DI NII AL.ISLAM KARTASURA SUKOHARJOin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record