• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 3rd University Research Colloquium (URECOL) 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 3rd University Research Colloquium (URECOL) 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemetaan Model Pengembangan Keprofesian dan Kebutuhan Guru Berkelanjutan di Lingkungan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo Jawa Tengah

    Thumbnail
    View/Open
    17. bambang sumardjoko.pdf (123.5Kb)
    Date
    2016-02
    Author
    Sumardjoko, Bambang
    Prasetyo, Agus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum tujuan penelitian ini adalah menemukan model pengembangan profesi guru berkelanjutan berbasis konstruktivis kolaboratif untuk meningkatkan soft skills-transferable skills dalam penulisan artikel ilmiah. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) tahun. Pada tahun pertama dilakukan studi pendahuluan yang diteruskan pengujian model pada tahun berikutnya. Tujuan penelitian tahun pertama ini adalah pemetaan model pengembangan keprofesian guru berkelanjutan, pemetaan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, dan melakukan analisis bentuk-bentuk kebutuhan guru pada pengembangan keprofesian berkelanjutan. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pengamatan, wawancara, dokumentasi, FGD, dan angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut. Pertama, guru-guru SMA/MA/SMK Muhammadiyah di Sukoharjo yang bersertifikasi pendidik telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengembangkan kompetensinya sebagai guru yang profesional, baik secara mandiri dengan mengikuti workshop, seminar, membeli buku teks pelajaran terbaru, mengikuti kegiatan MGMP maupun secara bersama-sama dengan cara berdiskusi sesama rekan guru bidang studi. Kedua, dalam kemampuan menulis karya ilmiah, guru-guru bersertifikasi pendidik belum sepenuhnya memiliki pemahaman konsep karya ilmiah. Pengalaman guru membuat karya ilmiah sebagian besar diperoleh pada saat Pendidikan Latihan Profesi Guru. Ketiga, untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keprofesian guru berkelanjutan masih menemui kendala, seperti: kendala waktu, dana, usia, sarana prasarana, motivasi, kebijakan pimpinan, dan akses jaringan internet. Karena itu yang dibutuhkan adalah langkah kongkrit dari para pemangku kebijakan untuk menyederhanakan segala hal terkait aktivitas administratif pembelajaran, dukungan dana dari majlis dikdasmen dan pihak sponsor lain, dukungan akses jaringan internet, dan dukungan lembaga perguruan tinggi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6683
    Collections
    • The 3rd University Research Colloquium (URECOL) 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV