dc.identifier.citation | Ariestadi, Dian dan Sutrisno. 2013. “Penerapan Asesmen Portofolio Pada Pembelajaran Metodologi Penelitian.” Teknologi dan Kejuruan, Vol. 36, No. 1, Pebruari 2013:9-18. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Djulia, Eli. 2012. “Pengembangan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Ekologi Tumbuhan di Perguruan Tinggi”. Bioedukasi, Vol. 5, No. 2: Hal 25-38. Kusumaningsih, Dewi dkk. 2014. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi. Nurgiyantoro, Burhan dan Pujiati Suyata. 2009. “Pengembangan Model Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. Cakrawala Pendidikan, Th. XXVIII, No. 3: Hal 224-237. Nurgiyantoro. Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Nurkholis, Aris. 2012. “Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas 1 Sd Juara Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.” Prosiding, hal 104-110. Setyandari, Rezania, Sri Sukaesih, dan Ely Rudyatmi. 2012. “P en gemb an gan Asesm en Alte rn atif P ort ofoli o Ip a Kel as Viii M ate ri S istem P er ed ar an D ar ah M anusi a. ” Unn es Jo urnal of Biolog y Educ ation , Vol 1, No 2 (2012). Sufanti, Main dan Laili Etika Rahmawati. 2012. Teori Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: FKIP UMS. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. . 1990. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Widayati, Ani, Sukanti, dan M. Djazari. 2010. “Pelatihan Penilaian Portofolio bagi Guru Akuntansi untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menilai Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.” Artikel Hasil Ppm: Program Prioritas Fakultas. | in_ID |