Penggunaan Peta Konsep Dalam Penilaian Pemahaman Konsep Lingkaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual siswa dalam konsep
lingkaran dengan menggunakan peta konsep. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian
dilakukan pada 3 siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Ampel semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.
Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi metode. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan (1) siswa berpemahaman konseptual tinggi membuat peta
konsep rinci dan tersetruktur dilengkapi gambar, penemuan rumus, dan contoh soal, dapat
menjelaskan konsep, keterkaitan antar konsep, mengedepankan aplikasi konsep, dan yakin terhadap
konsepnya, (2) siswa berpemahaman konseptual sedang membuat peta konsep tersetruktur,
dilengkapi gambar dan penemuan rumus, dapat menjabarkan konsep, menjelaskan konsep,
keterkaitan antar konsep, belum dapat melihat keterkaitan antar soal, dan kurang yakin terhadap
konsepnya (3) siswa berpemahaman konseptual rendah membuat peta konsep sederhana, dilengkapi
gambar dan penemuan rumus, belum dapat menjabarkan konsep, menjelaskan konsep dan
keterkaitannya, mengedepankan hafalan rumus dan tidak yakin terhadap konsepnya.