dc.contributor.author | Nikmah, Nur Solekhatun | |
dc.contributor.author | Masduki | |
dc.date.accessioned | 2016-03-29T07:12:04Z | |
dc.date.available | 2016-03-29T07:12:04Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Åhlberg, Mauri Kalervo. (2013). “Concept Mapping as an Empowering Method to Promote Learning, Thinking, Teaching and Research”. Journal for Educators, Teachers and Trainers, 4:(1):25 – 35. Boujaoude, Saouma dan May Attieh. 2008. “The Effect of Using Concept Maps as Study Tools on Achievement in Chemistry”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 4:(3):233-246. Ekana, Henny dan Budiyono. 2015. “Pembelajaran dengan Peta Konsep dan Assesmen for Learning: Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Menurut Polattsek dan Sikap Positif terhadap Matematika Materi Trigonometri”. Jurnal Profesi Pendidik, 2:(1):1-14. Juliarti, dkk. 2012. “Penerapan Metode Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Statistik”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5:(2):228-241. Kansil, Yoo Eka Yana. 2008. “Peta Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika”.WARTA-WIPTEK, 16:(2):102-107. Martínez-Cañas, Ricardo dan Pablo Ruíz-Palomino. 2011. “Concept Mapping as a Learning Tool for The Employment Relations Degree”. Journal of International Education Research. 7:(5):23-28. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Richland, Lindsey E. 2012. “Teaching the Conceptual Structure of Mathematics”. Educational Psychologist, 47: (3): 189–203. Rohana, dkk. 2009. “Penggunaan Peta Konsep dalam Pembelajaran Statistika Dasar di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3:(2):92-102. Sáenz, César. 2009. “The role of contextual, conceptual and procedural knowledge in activating mathematical competencies (PISA)’. Educ Stud Math, 71:(2):123–143 Salirawati, Das. 2014. Kurikulum 2013 Antara Harapan dan Kenyataan. Seminar Nasional Auditorium Muhammad Djasman UMS. Surakarta. Tanggal 14 Mei 2014 Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Yarden, Hagit. Dkk. 2004. “Using the Concept Map Technique in Teaching Introductory Cell Biology to College Freshmen”. Using Concept Maps in Introductory Cell Biology, 30:(1):3-13. Yuniati, Suci. 2013. “Peta Konsep (Mind Maping) dalam Pembelajaran Struktur Aljabar”. Gamatika, 3:(2):129-139 | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6937 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual siswa dalam konsep
lingkaran dengan menggunakan peta konsep. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian
dilakukan pada 3 siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Ampel semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.
Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi metode. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan (1) siswa berpemahaman konseptual tinggi membuat peta
konsep rinci dan tersetruktur dilengkapi gambar, penemuan rumus, dan contoh soal, dapat
menjelaskan konsep, keterkaitan antar konsep, mengedepankan aplikasi konsep, dan yakin terhadap
konsepnya, (2) siswa berpemahaman konseptual sedang membuat peta konsep tersetruktur,
dilengkapi gambar dan penemuan rumus, dapat menjabarkan konsep, menjelaskan konsep,
keterkaitan antar konsep, belum dapat melihat keterkaitan antar soal, dan kurang yakin terhadap
konsepnya (3) siswa berpemahaman konseptual rendah membuat peta konsep sederhana, dilengkapi
gambar dan penemuan rumus, belum dapat menjabarkan konsep, menjelaskan konsep dan
keterkaitannya, mengedepankan hafalan rumus dan tidak yakin terhadap konsepnya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pemahaman konseptual | in_ID |
dc.subject | peta konsep | in_ID |
dc.title | Penggunaan Peta Konsep Dalam Penilaian Pemahaman Konsep Lingkaran | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |