Dampak Strategi Pembelajaran Dan Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ada tiga. (1) Menguji pengaruh strategi Problem Based Learning dan
Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika. (2) Menguji pengaruh kerja keras
terhadap hasil belajar matematika. (3) Menguji interaksi strategi pembelajaran dan kerja keras
terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 4 Klaten
tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel
menggunakan simpel random samplinh. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama.
Hasil penelitian dengan α = 5%. (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Problem Based
Learning dan Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh
kerja keras terhadap hasil belajar matematika. (3) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran
dan kerja keras terhadap hasil belajar matematika.