Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB
Date
2016-03-12Author
Murpratiwi, Gendis
Nusantara, Toto
Sa’dijah, Cholis
Metadata
Show full item recordAbstract
Materi KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta
berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan
FPB.Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahannya.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data bentuk-bentuk
kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tulis (satu soal cerita KPK dan satu soal cerita FPB) yang
dilakukan oleh 20 siswa SMP.Kemudian dipilih satu siswa dari tiap-tiap bentuk kesalahan untuk
diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 siswa menentukan penyelesaian semua
soal menggunakan KPK, 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan FPB, 3 siswa
menentukan penyelesaian terbalik (soal KPK diselesaikan menggunakan FPB dan sebaliknya), 2
siswa menentukan nilai KPK dan FPB terbalik (menentukan nilai KPK dengan prosedur FPB dan
sebaliknya), 5 siswa menentukan nilai KPK dan FPB tidak sesuai prosedur, dan 8 siswa menjawab
dengan benar. Siswa yang salah menentukan penyelesaian disebabkan kesulitan membedakan soal
cerita KPK dan FPB. Siswa yang salah menentukan nilai KPK dan FPB disebabkan siswa tidak
mengetahui cara menentukan nilai KPK dan FPB