Show simple item record

dc.contributor.authorMurpratiwi, Gendis
dc.contributor.authorNusantara, Toto
dc.contributor.authorSa’dijah, Cholis
dc.date.accessioned2016-03-29T08:05:38Z
dc.date.available2016-03-29T08:05:38Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationCreswell, John W. (2012). Research Design: Planing, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America: Person Finan, Marcel B. (2006). A First Course in Mathematics Concepts for Elementary School Teachers: Theory, Problems, and Solution. Amerika Serikat: Arkansas Tech University Gregory, Anne. (2010). Planing and Managing Public Relations Campaigns A Strategic Approach. London: Kogan Page Herholdt, Roelien, & Sapire, Ingrid. (2014). An error analysis in the early gradesmathematics – A learning opportunity?. South African Journal of Childhood Education, 4(1), 42-60. Diakses dari http://www.scielo.org.za Johnson, Burke. & Christensen, Larry. (2004). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. New York: Pearson Pratiwi, Enditiyas. (2013). Analisis Perilaku Siswa Kelas Iv Sd Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Analisis Kesalahan Newman.Jurnal Cakrawala Pendidikan Forum Komunikasi Ilmiah dan Ekspresi Kreatif Ilmu Pendidikan, 14(1), 57-73. Diakses dari http://digilib.stkippgriblitar.ac.id/216/1/ENDITIYAS_PRATIWI_APR_2013.pdf Pujiati & Suharjana A. (2011). Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bersama Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Syafik, Abu. & Khanifah, Siti (2009).Pembelajaran FPB dan KPK dengan dan Tanpa Alat Peraga pada Siswa Kelas V SD Negeri Blengorkulon Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2008/2009: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009 (hal. 141-152). Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta. Diakses dari https://core.ac.uk/download/files/335/11064604.pdf Tobondo, Yunda V. & Sinaga, Yuni V.R. (2014).Identifikasi dan Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita Topik Pecahan, KPK dan FPB.Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX.Diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Matematika UKSW, 21 Juni 2014, (hal 848-854). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Diakses darihttp://repository.uksw.edu Wade, Crole & Tavris, Carol. Tanpa Tahun. Psikologi Edisi 9. Terjemahan Mursalin, Padang & Dinastuti. 2007. Jakarta: Erlanggain_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6941
dc.description.abstractMateri KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data bentuk-bentuk kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tulis (satu soal cerita KPK dan satu soal cerita FPB) yang dilakukan oleh 20 siswa SMP.Kemudian dipilih satu siswa dari tiap-tiap bentuk kesalahan untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan KPK, 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan FPB, 3 siswa menentukan penyelesaian terbalik (soal KPK diselesaikan menggunakan FPB dan sebaliknya), 2 siswa menentukan nilai KPK dan FPB terbalik (menentukan nilai KPK dengan prosedur FPB dan sebaliknya), 5 siswa menentukan nilai KPK dan FPB tidak sesuai prosedur, dan 8 siswa menjawab dengan benar. Siswa yang salah menentukan penyelesaian disebabkan kesulitan membedakan soal cerita KPK dan FPB. Siswa yang salah menentukan nilai KPK dan FPB disebabkan siswa tidak mengetahui cara menentukan nilai KPK dan FPBin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectAnalisis Kesalahanin_ID
dc.subjectFPBin_ID
dc.subjectKPKin_ID
dc.subjectSiswa SMPin_ID
dc.subjectSoal Ceritain_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPBin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record