dc.identifier.citation | Creswell, John W. (2012). Research Design: Planing, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America: Person Finan, Marcel B. (2006). A First Course in Mathematics Concepts for Elementary School Teachers: Theory, Problems, and Solution. Amerika Serikat: Arkansas Tech University Gregory, Anne. (2010). Planing and Managing Public Relations Campaigns A Strategic Approach. London: Kogan Page Herholdt, Roelien, & Sapire, Ingrid. (2014). An error analysis in the early gradesmathematics – A learning opportunity?. South African Journal of Childhood Education, 4(1), 42-60. Diakses dari http://www.scielo.org.za Johnson, Burke. & Christensen, Larry. (2004). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. New York: Pearson Pratiwi, Enditiyas. (2013). Analisis Perilaku Siswa Kelas Iv Sd Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Analisis Kesalahan Newman.Jurnal Cakrawala Pendidikan Forum Komunikasi Ilmiah dan Ekspresi Kreatif Ilmu Pendidikan, 14(1), 57-73. Diakses dari http://digilib.stkippgriblitar.ac.id/216/1/ENDITIYAS_PRATIWI_APR_2013.pdf Pujiati & Suharjana A. (2011). Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bersama Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Syafik, Abu. & Khanifah, Siti (2009).Pembelajaran FPB dan KPK dengan dan Tanpa Alat Peraga pada Siswa Kelas V SD Negeri Blengorkulon Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2008/2009: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009 (hal. 141-152). Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta. Diakses dari https://core.ac.uk/download/files/335/11064604.pdf Tobondo, Yunda V. & Sinaga, Yuni V.R. (2014).Identifikasi dan Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita Topik Pecahan, KPK dan FPB.Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX.Diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Matematika UKSW, 21 Juni 2014, (hal 848-854). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Diakses darihttp://repository.uksw.edu Wade, Crole & Tavris, Carol. Tanpa Tahun. Psikologi Edisi 9. Terjemahan Mursalin, Padang & Dinastuti. 2007. Jakarta: Erlangga | in_ID |
dc.description.abstract | Materi KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta
berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan
FPB.Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahannya.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data bentuk-bentuk
kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tulis (satu soal cerita KPK dan satu soal cerita FPB) yang
dilakukan oleh 20 siswa SMP.Kemudian dipilih satu siswa dari tiap-tiap bentuk kesalahan untuk
diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 siswa menentukan penyelesaian semua
soal menggunakan KPK, 1 siswa menentukan penyelesaian semua soal menggunakan FPB, 3 siswa
menentukan penyelesaian terbalik (soal KPK diselesaikan menggunakan FPB dan sebaliknya), 2
siswa menentukan nilai KPK dan FPB terbalik (menentukan nilai KPK dengan prosedur FPB dan
sebaliknya), 5 siswa menentukan nilai KPK dan FPB tidak sesuai prosedur, dan 8 siswa menjawab
dengan benar. Siswa yang salah menentukan penyelesaian disebabkan kesulitan membedakan soal
cerita KPK dan FPB. Siswa yang salah menentukan nilai KPK dan FPB disebabkan siswa tidak
mengetahui cara menentukan nilai KPK dan FPB | in_ID |