• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Ganjil Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    7_40_Makalah Rev Izzatul Ulya.pdf (359.0Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Ulya, Izzatul
    Qohar, Abdul
    Katminingsih, Yuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen berbentuk Pre Experimental Design dengan subyek siswa kelas VIII UPTD SMPN 1. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,menggunakan instrumen berupa RPP, post-test pemahaman konsep, lembar observasi keaktifan siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan analisa data penelitian, diperoleh nilai rata- rata siswa pada saat post- test I adalah 63,60 sedangkan nilai rata- rata pada saat post- test IIadalah 78,53. Nilai siswa ada peningkatan sebesar 14,93 dari post- test I ke post-test II.Sedangkan pada keaktifan siswa, rata-rata nilai keaktifan pertemuan pertama (I) siswa adalah 26,03 sedangkan rata-rata nilai keaktifanpertemuan kedua (II) siswa adalah 28,23. Dapat disimpulkan bahwa nilai keaktifan siswa ada peningkatan sebesar 2,20 dari keaktifan I ke keaktifan II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya peningkatan secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagorasdan ada peningkatan secara signifikan terhadap keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6943
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV