Show simple item record

dc.contributor.authorUlya, Izzatul
dc.contributor.authorQohar, Abdul
dc.contributor.authorKatminingsih, Yuni
dc.date.accessioned2016-03-29T08:14:50Z
dc.date.available2016-03-29T08:14:50Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationKarim, A. (2011). Penerapan Model Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus (1). Markaban.(2006). Model Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Depdiknas. Nur, M. (2002). Psikologi Pendidikan: Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya : : PSMS Program Pascasarjana UNESA. Purnomo,Y.(2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika Jurnal Kependidikan, 41(1): 37-54 Sudrajat, Ahmad (2008). Teknik Pengelolaan Kelas. diakses dari https://akmadsudrajat.wordpress.com.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6943
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen berbentuk Pre Experimental Design dengan subyek siswa kelas VIII UPTD SMPN 1. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,menggunakan instrumen berupa RPP, post-test pemahaman konsep, lembar observasi keaktifan siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan analisa data penelitian, diperoleh nilai rata- rata siswa pada saat post- test I adalah 63,60 sedangkan nilai rata- rata pada saat post- test IIadalah 78,53. Nilai siswa ada peningkatan sebesar 14,93 dari post- test I ke post-test II.Sedangkan pada keaktifan siswa, rata-rata nilai keaktifan pertemuan pertama (I) siswa adalah 26,03 sedangkan rata-rata nilai keaktifanpertemuan kedua (II) siswa adalah 28,23. Dapat disimpulkan bahwa nilai keaktifan siswa ada peningkatan sebesar 2,20 dari keaktifan I ke keaktifan II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya peningkatan secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagorasdan ada peningkatan secara signifikan terhadap keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpenemuan terbimbingin_ID
dc.subjectlesson studyin_ID
dc.subjectpemahaman konsepin_ID
dc.subjectkeaktifan siswain_ID
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Ganjil Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2013/2014in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record