dc.contributor.author | Ulya, Izzatul | |
dc.contributor.author | Qohar, Abdul | |
dc.contributor.author | Katminingsih, Yuni | |
dc.date.accessioned | 2016-03-29T08:14:50Z | |
dc.date.available | 2016-03-29T08:14:50Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Karim, A. (2011). Penerapan Model Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus (1). Markaban.(2006). Model Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Depdiknas. Nur, M. (2002). Psikologi Pendidikan: Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya : : PSMS Program Pascasarjana UNESA. Purnomo,Y.(2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika Jurnal Kependidikan, 41(1): 37-54 Sudrajat, Ahmad (2008). Teknik Pengelolaan Kelas. diakses dari https://akmadsudrajat.wordpress.com. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6943 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa setelah
menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi
teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen berbentuk Pre
Experimental Design dengan subyek siswa kelas VIII UPTD SMPN 1. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus,menggunakan instrumen berupa RPP, post-test pemahaman
konsep, lembar observasi keaktifan siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan
analisa data penelitian, diperoleh nilai rata- rata siswa pada saat post- test I adalah 63,60
sedangkan nilai rata- rata pada saat post- test IIadalah 78,53. Nilai siswa ada peningkatan
sebesar 14,93 dari post- test I ke post-test II.Sedangkan pada keaktifan siswa, rata-rata
nilai keaktifan pertemuan pertama (I) siswa adalah 26,03 sedangkan rata-rata nilai
keaktifanpertemuan kedua (II) siswa adalah 28,23. Dapat disimpulkan bahwa nilai
keaktifan siswa ada peningkatan sebesar 2,20 dari keaktifan I ke keaktifan II. Kesimpulan
yang dapat diambil adalah adanya peningkatan secara signifikan terhadap pemahaman
konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis
Lesson Study pada materi teorema pythagorasdan ada peningkatan secara signifikan
terhadap keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing
berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | penemuan terbimbing | in_ID |
dc.subject | lesson study | in_ID |
dc.subject | pemahaman konsep | in_ID |
dc.subject | keaktifan siswa | in_ID |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Ganjil Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2013/2014 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |