Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa
dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu. Jenis penelitian ini adalah diskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester lima program studi Pendidikan
Matematika FKIP UMS yang berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga aktivitas, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mengalami kesulitan, pertama
kesulitan pemahaman konsep yang meliputi: (1) kesulitan merumuskan ciri atau bentuk umum
persamaan differensial; (2) kesulitan menentukan teknik penyelesaian persamaan differensial. Kedua
kesulitan penerapan konsep yang terdiri: (1) kesulitan dalam langkah-langkah perhitungan; (2)
kesulitan dalam materi prasyarat. Faktor penyebab mahasiswa mengalami kesulitan, pertama faktor
intrinsik, yaitu: aktivitas belajar kurang, kesulitan mengingat rumus, kebiasaan yang kurang baik,
kurang latihan soal, tidak adanya motivasi belajar, latar belakang pendidikan yang tidak sesuai.
Kedua faktor ekstrinsik, yaitu terlalu aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan masyarakat.