dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Ganal Nicette N. dan Marissa R. Guiab. (2014). Problems And Difficulties Encountered By Students Towards Mastering Learning Competencies In Mathematics. International Refereed Research Journal, 5, 25-37. Jamal, Fakhrul. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Maju (Jurnal Pendidikan Matematika), 1, 18-36. Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangan. Bogor: Ghalia Indonesia. Huda, Nizlel dan Angel Gustina Kencana. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1, 595-606. Syafmen, Wardi. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Metematika Di SMA (Studi Kasus SMA N. 11 Jambi). Jurnal Ilmiah Universitas Tadulako, 17, 73-77. Tambychika Tarzimah, Thamby Subahan Mohd Meerah. (2010). Students Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say?. International Conference on Mathematics Education Research, 8, 142-151. Tanjungsari, Retno Dewi, Edy Soedjoko, dan Mashuri. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Unnes Journal of Mathematics Education, 1, 1-6. Untari, Erny. (2014). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13, 1-8. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa
dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu. Jenis penelitian ini adalah diskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester lima program studi Pendidikan
Matematika FKIP UMS yang berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga aktivitas, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mengalami kesulitan, pertama
kesulitan pemahaman konsep yang meliputi: (1) kesulitan merumuskan ciri atau bentuk umum
persamaan differensial; (2) kesulitan menentukan teknik penyelesaian persamaan differensial. Kedua
kesulitan penerapan konsep yang terdiri: (1) kesulitan dalam langkah-langkah perhitungan; (2)
kesulitan dalam materi prasyarat. Faktor penyebab mahasiswa mengalami kesulitan, pertama faktor
intrinsik, yaitu: aktivitas belajar kurang, kesulitan mengingat rumus, kebiasaan yang kurang baik,
kurang latihan soal, tidak adanya motivasi belajar, latar belakang pendidikan yang tidak sesuai.
Kedua faktor ekstrinsik, yaitu terlalu aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan masyarakat. | in_ID |