Dampak Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP
Abstract
Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengkaji: (1) Kontribusi strategi pembelajaranDiscovery
Learning (DL)dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika, (2)
kontribusi kemampuan koneksi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Interaksi
penggunaan strategi pembelajaran dan kemampuan koneksi matematik terhadap hasil belajar
matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel yang diambil
sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi DL dan kelas kontrol
yang diberi strategi PBL. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan dilakukan dengan teknik
Cluster Random Sampling. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes
dan pengamatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi
dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, sampel harus dilakukan uji prasyarat
terlebih dahulu yaitu uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilkdan uji homogenitas
menggunakan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dengan � = 5%, diperoleh : (1) tidak ada
kontribusi strategi DLdan PBLterhadap hasil belajar matematika, (2) ada kontribusikemampuan
koneksi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Tidak ada Interaksipenggunaan
strategi pembelajaran dan kemampuan koneksi matematik terhadap hasil belajar matematika.