dc.identifier.citation | Akanmu, M. Alex, Fajemidagba, M. Olubusui.(2013). Guided-discovery Learning Strategy and Senior School StudentsPerformance in Mathematics in Ejigbo, Nigeria. Journal of Education and Practice, ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online), Vol.4, No.12, 2013. Çakıroğlu, Ü. (2014). Enriching project-based learning environments with virtual manipulatives: A comparative study. Eurasian Journal of Educational Research,55, 201-222. http://dx.doi.org/ 10.14689/ejer.2014.55.12 Dewi, Nuria Rahmawati.(2013). “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web”. Volume 1 tahun 2013 Gunantara, Sujana, Riastini.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.(Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana.(2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. Diakses dari http://herdy07.wordpress.com Lestari, Karunia Eka. (2014).Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP.Pendidikan Matematika-Fkip Unsika ISSN 2338-2996 Mahardiyanti, Taurinda. (2014).Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SDN Bader 01tahun Pelajaran 2014/2015. Rohim, Fathur, Hadi Susanto, Elianawati. (2012).Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreaatif. Semarang: Universitas Negeri Semarang, ISSN NO 2257-6935 Rosdianwinata, Eka. (2015).Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Banten: Universitas Mathla’ul Anwar Banten, ISSN. 2443-1435 Rusmono. (2012).Strategi Pembelajaran dengan Problem Basic Learning Itu Perlu.Bogor: Ghalia Indonesia Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Sritresna.(2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-Mid). Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 1, April 2015, ISSN 2086-4299 Uside, Otiende Noel, K. H. Barchok, O. G. Abura. (2013).Effect Of Discovery Method On Secondary School Student’s Achievement In Physics In Kenya. Chuka University, Chuka, KENYA.ISSN: 2186-8492, ISSN: 2186-8484 , Vol. 2 No. 3 August 2013 Wulandari, Nadiah, Sjarkawi, Darmis M. (2011).Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.Jambi: Tekno-Pedagogi Vol. 1 No.1 Maret 2011: 14-24 Yuniawatika. (2011).Penerapan Pembelajaran Matematika dengan strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Sekolah Dasar. Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011, ISSN 1412-565X | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengkaji: (1) Kontribusi strategi pembelajaranDiscovery
Learning (DL)dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika, (2)
kontribusi kemampuan koneksi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Interaksi
penggunaan strategi pembelajaran dan kemampuan koneksi matematik terhadap hasil belajar
matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel yang diambil
sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi DL dan kelas kontrol
yang diberi strategi PBL. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan dilakukan dengan teknik
Cluster Random Sampling. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes
dan pengamatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi
dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, sampel harus dilakukan uji prasyarat
terlebih dahulu yaitu uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilkdan uji homogenitas
menggunakan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dengan � = 5%, diperoleh : (1) tidak ada
kontribusi strategi DLdan PBLterhadap hasil belajar matematika, (2) ada kontribusikemampuan
koneksi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Tidak ada Interaksipenggunaan
strategi pembelajaran dan kemampuan koneksi matematik terhadap hasil belajar matematika. | in_ID |