Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika
dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Selain itu juga untuk
mendeskripsikan (2) bagaimana kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan model
pembelajaran problem based learning. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis
penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Pengambilan data dilakukan dua tahap. Tahap pertama
adalah memberikan instrumen tes tertulis. Tahap kedua adalah tes wawancara terhadap subyek
terpilih. Pengambilan subjek penelitian dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan
tinggi, tingkat kemampuan sedang, dan tingkat kemampuan rendah. Kesimpulan hasil penelitian
ini adalah (1) keterlaksanaan sintak pembelajaran atau kesesuaian aktivitas guru dengan RPP
yang telah dirancang sebelumnya dalam menggunakan model pembelajaran problem based
learning berlangsung dengan baik dengan prosentasenya 84,97% atau dalam kategori sangat
baik. Sedangkan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dengan model pembelajaran
problem based learning sudah terlaksana dengan baik dan bisa dikatakan berhasil dimana
prosentasenya mencapai 88,27% atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk kemampuan
komunikasi matematik siswa secara umum dalam kriteria baik.