Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Date
2016-03-12Author
Rismawati, Melida
Irawan, Edy Bambang
Susanto, Hery
Metadata
Show full item recordAbstract
Koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapat penekanan di setiap
jenjang pendidikan. Semakin banyak siswa dapat membuat koneksi matematika, maka
pembelajaran akan bermakna dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kesalahan siswa dalam membuat koneksi matematis pada materi sistem
persamaan linier dua variabel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah 12
siswa SMA Negeri 2 Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan dua
kegiatan utama yaitu pengerjaan tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara. Tes
untuk mengetahui kesalahan koneksi matematis siswa menggunakan materi sistem
persamaan linier dua variabel. Hasil tes dianalisis menggunakan indikator koneksi
matematis yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematis,
(2) memahami bagaimana ide matematis saling berhubungan dan membangun satu sama
lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa tidak ada siswa yang dapat menjawab soal dengan benar. Hal tersebut disebabkan
karena siswa belum dapat menghubungkan satu konsep dengan konsep lain yang sudah
dipelajari untuk menyelesaikan soal SPLDV, siswa belum dapat mengenali ide- ide
matematis, siswa belum dapat menggunakan ide-ide matematis untuk menyelesaikan soal
SPLDV, dan siswa belum dapat melihat bahwa SPLDV dapat dimodelkan kedalam
berbagai macam model soal yang berbeda.