Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kinestetik Dengan Hasil Belajar Matematika (Studi Asosiatif Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asosiatif antara gaya belajar dengan
hasil belajar. Gaya belajar yang diteliti adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan desaian penelitian hubungan asosiatif. Populasi penelitian
453 siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta. Sampel yang diambil adalah
siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki
dan 14 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive.
Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan menggunakan koefisien kontingensi yang sebelumnya menghitung nilai Chi-Square
dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan kesimpulan tidak ada hubungan
asosiatif antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.