Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Pada Konten Change And Relationship
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menghitung presentase dan mengetahui
faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten
change and relationship. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIIIC SMP Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi metode dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan
kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil
penelitian diperoleh 4 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu
kesalahan pemahaman 55,50%, kesalahan transformasi 27,75%, kesalahan keterampilan proses
6,28% dan kesalahan encoding 10,47%. Hasil menunjukkan kesalahan pemahaman dan kesalahan
transformasi lebih dominan dibandingkan kesalahan lainnya. Secara umum faktor penyebab
kesalahan adalah kemampuan penalaran dan kreativitas siswa yang rendah dalam memecahkan
masalah konteks nyata dan memanipulasinya ke dalam bentuk aljabar. Faktor yang paling
berpengaruh adalah siswa tidak terbiasa menggunakan proses pemecahan masalah dengan benar
sesuai langkah Polya