Show simple item record

dc.contributor.authorWati, Erna Hartika
dc.contributor.authorMurtiyasa, Budi
dc.date.accessioned2016-03-30T03:43:22Z
dc.date.available2016-03-30T03:43:22Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAbdullah, A. H., Zainal Abidin, N. L., Ali, M. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Jurnal of Asian Social Science, 11(21), 133-142. doi:10.5539/ass.v11n21p133. Aini, R. N. , dan Eko Siswono, T. Y. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 158-164. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8718/1168 4 Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global: Prosiding Seminar Nasional HUT FKIP Matematika UMS ke 31, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika UMS 7 Maret 2015 (hal. 2847). Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6005/28_47%20 PROF%20BUDI%20M.pdf?sequence=1 Novita, R., Zulkardi, Hartono, Y. (2012). Exploring Primary Student’s ProblemSolving Ability by Doing Tasks LikePISA’s Question. Jurnal of IndoMS.J.M.E, 3(2), 133-150. Diakses dari http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/571 Setiawan, H., Dafik, Sri Lestari, N. D. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitanya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Diselenggarakan oleh Universitas Jember, 19 November 2014 (hal. 244-251). Diakses dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/download/955/758 Wijaya, A., Panhuizen, M. H., Doorman, M., Robitzsch, A. (2014). Dalam Hadi, W. N., et al (Eds.) Identifying (Indonesian) Students’ Difficulties in Solving Context-Based (PISA) Mathematics Tasks. Innovation and Technology for Mathematics and Mathematics Education: Prosiding International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Educatio Department of Mathematics Education, Diselenggarakan oleh Yogyakarta State University Yogyakarta, 26-30 November 2014 (hal. 1524). Dikases dari http://eprints.uny.ac.id/24176/1/E-3.pdfin_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6959
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menghitung presentase dan mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian diperoleh 4 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu kesalahan pemahaman 55,50%, kesalahan transformasi 27,75%, kesalahan keterampilan proses 6,28% dan kesalahan encoding 10,47%. Hasil menunjukkan kesalahan pemahaman dan kesalahan transformasi lebih dominan dibandingkan kesalahan lainnya. Secara umum faktor penyebab kesalahan adalah kemampuan penalaran dan kreativitas siswa yang rendah dalam memecahkan masalah konteks nyata dan memanipulasinya ke dalam bentuk aljabar. Faktor yang paling berpengaruh adalah siswa tidak terbiasa menggunakan proses pemecahan masalah dengan benar sesuai langkah Polyain_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectchange and relationshipin_ID
dc.subjectkesalahanin_ID
dc.subjectPISAin_ID
dc.subjectsoal matematikain_ID
dc.titleKesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Pada Konten Change And Relationshipin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record