dc.identifier.citation | Abdullah, A. H., Zainal Abidin, N. L., Ali, M. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Jurnal of Asian Social Science, 11(21), 133-142. doi:10.5539/ass.v11n21p133. Aini, R. N. , dan Eko Siswono, T. Y. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 158-164. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8718/1168 4 Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global: Prosiding Seminar Nasional HUT FKIP Matematika UMS ke 31, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika UMS 7 Maret 2015 (hal. 2847). Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6005/28_47%20 PROF%20BUDI%20M.pdf?sequence=1 Novita, R., Zulkardi, Hartono, Y. (2012). Exploring Primary Student’s ProblemSolving Ability by Doing Tasks LikePISA’s Question. Jurnal of IndoMS.J.M.E, 3(2), 133-150. Diakses dari http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/571 Setiawan, H., Dafik, Sri Lestari, N. D. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitanya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Diselenggarakan oleh Universitas Jember, 19 November 2014 (hal. 244-251). Diakses dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/download/955/758 Wijaya, A., Panhuizen, M. H., Doorman, M., Robitzsch, A. (2014). Dalam Hadi, W. N., et al (Eds.) Identifying (Indonesian) Students’ Difficulties in Solving Context-Based (PISA) Mathematics Tasks. Innovation and Technology for Mathematics and Mathematics Education: Prosiding International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Educatio Department of Mathematics Education, Diselenggarakan oleh Yogyakarta State University Yogyakarta, 26-30 November 2014 (hal. 1524). Dikases dari http://eprints.uny.ac.id/24176/1/E-3.pdf | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menghitung presentase dan mengetahui
faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten
change and relationship. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIIIC SMP Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi metode dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan
kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil
penelitian diperoleh 4 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu
kesalahan pemahaman 55,50%, kesalahan transformasi 27,75%, kesalahan keterampilan proses
6,28% dan kesalahan encoding 10,47%. Hasil menunjukkan kesalahan pemahaman dan kesalahan
transformasi lebih dominan dibandingkan kesalahan lainnya. Secara umum faktor penyebab
kesalahan adalah kemampuan penalaran dan kreativitas siswa yang rendah dalam memecahkan
masalah konteks nyata dan memanipulasinya ke dalam bentuk aljabar. Faktor yang paling
berpengaruh adalah siswa tidak terbiasa menggunakan proses pemecahan masalah dengan benar
sesuai langkah Polya | in_ID |