Pengaruh Penilaian Otentik Dan Cara Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terhadap Keberhasilan Belajar Aljabar Linear Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penilaian otentik
dan cara seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terhadap keberhasilan belajar Aljabar
Linear mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial design 2x2. Populasi penelitian
adalah seluruh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ pada tahun akademik 2015/2016,
sementara sampel penelitian diambil dengan teknik multistage random sampling dan terpilih 2
kelas eksperimen adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Angkatan Tahun
2015/2016. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Aljabar Linear. Variabel
bebas adalah penilaian otentik dalam pembelajaran (A) yang terdiri atas dua perlakuan yaitu
penilaian portofolio (A
1
) dan penilaian kinerja (A
2
). Sementara variable moderator adalah cara
seleksi masuk PTN yang terdiri atas dua kategori yaitu tipe seleksi dengan ujian tulis/SBMPTN
dan Ujian Mandiri (B
1
) dan tipe seleksi tanpa ujian tulis/SNMPTN (B
2
). Hasil penelitian
berdasarkan analisis data hasil test Aljabar Linear dengan menggunakan Twoway Anova melalui
software SPSS 17 adalah: 1) Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear
antara mahasiswa yang diberi penilaian portofolio dan yang diberi penilaian kinerja. 2) Tidak
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear antara mahasiswa yang diterima
melalui seleksi ujian tulis dengan yang diterima melalui seleksi tanpa ujian tulis. 3) Terdapat
pengaruh interaksi antara teknik penilaian dan jalur masuk PTN terhadap hasil belajar Aljabar
Linear mahasiswa. 4) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diterima
melalui jalur seleksi ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio lebih tinggi daripada yang
diberikan penilaian kinerja. 5) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang
diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio tidak lebih
rendah atau sama dengan yang diberikan penilaian kinerja. 6) Rata-rata hasil belajar Aljabar
Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian portofolio, yang diterima melalui jalur seleksi
ujian tulis tidak lebih tinggi atau sama dengan yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian
tulis. 7) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian kinerja,
yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis lebih rendah daripada yang diterima melalui jalur
seleksi tanpa ujian tulis.