dc.identifier.citation | Ambo Sakka, Ambo. (2012). Pengaruh Teknik Penilaian dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Setelah Mengontrol Pengetahuan Awal. Disertasi, Universitas Negeri Jakarta. Burke, Kay. (2009). How to Assess Authentic Learning. California: Corwin Press. Gronlund, Norman E. (1993). How to Make Achievement Test and Assessment. Boston: Allyn an Dacon. Ismaniati, Ch. (2006). Penilaian Portofolio: Suatu Model Evaluasi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Berdasarkan Teori Belajar Eksperiensial. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2), 121-131. Kemdikbud. (2014, Maret 18). SNMPTN 2014. Diperoleh dari situs online : http://snmptn.ac.id/ Kunandar, (2013). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Raja Grafindo Pesada. Mueller, Jon. (2014, Maret 15). Authentic Assessment Toolbox: What Is Authentic Assessment?. Diperoleh dari situs online: http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/whatisit.htm#definitions Muslich, Masnur. (2010). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama. Sagala, Syaiful. (2014, Februari 20). Pelaksanaan SNMPTN 2014 Tanpa Tes Tidak Efektif. Diperoleh dari situs online: http://medanbisnisdaily.com/news/read/2014/02/20/80212/pelaksanaan smptn_2014_tanpa_tes_tidak_efektif Surapranata, Sumarna. (2006). Pedoman Pengembangan Penilaian Portofolio. Jakarta: Puspendik Balitbang Depdiknas. Usman. (2015). Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Fisika Dasar Mahasiswa Berdasarkan Jalur Penerimaan Mahasiswa di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(1), 4048. Wiggins, Grant. (2014, Maret 15). What Is Authentic Assessment. Diperoleh dari situs online: http://pareonline.net /getvn.asp?v=2&n=2 | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penilaian otentik
dan cara seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terhadap keberhasilan belajar Aljabar
Linear mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial design 2x2. Populasi penelitian
adalah seluruh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ pada tahun akademik 2015/2016,
sementara sampel penelitian diambil dengan teknik multistage random sampling dan terpilih 2
kelas eksperimen adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Angkatan Tahun
2015/2016. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Aljabar Linear. Variabel
bebas adalah penilaian otentik dalam pembelajaran (A) yang terdiri atas dua perlakuan yaitu
penilaian portofolio (A
1
) dan penilaian kinerja (A
2
). Sementara variable moderator adalah cara
seleksi masuk PTN yang terdiri atas dua kategori yaitu tipe seleksi dengan ujian tulis/SBMPTN
dan Ujian Mandiri (B
1
) dan tipe seleksi tanpa ujian tulis/SNMPTN (B
2
). Hasil penelitian
berdasarkan analisis data hasil test Aljabar Linear dengan menggunakan Twoway Anova melalui
software SPSS 17 adalah: 1) Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear
antara mahasiswa yang diberi penilaian portofolio dan yang diberi penilaian kinerja. 2) Tidak
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear antara mahasiswa yang diterima
melalui seleksi ujian tulis dengan yang diterima melalui seleksi tanpa ujian tulis. 3) Terdapat
pengaruh interaksi antara teknik penilaian dan jalur masuk PTN terhadap hasil belajar Aljabar
Linear mahasiswa. 4) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diterima
melalui jalur seleksi ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio lebih tinggi daripada yang
diberikan penilaian kinerja. 5) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang
diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio tidak lebih
rendah atau sama dengan yang diberikan penilaian kinerja. 6) Rata-rata hasil belajar Aljabar
Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian portofolio, yang diterima melalui jalur seleksi
ujian tulis tidak lebih tinggi atau sama dengan yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian
tulis. 7) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian kinerja,
yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis lebih rendah daripada yang diterima melalui jalur
seleksi tanpa ujian tulis. | in_ID |