Analisis Kesulitan Siswa Smp Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannya
Abstract
Tujuan makalah ini adalah menganalisis kesulitan siswa smp kelas VII dalam menyelesaikan
soal operasi hitung bilangan dan solusi pemecahannya. Materi bilangan merupakan materi yang
fundamental. Karena materi ini berkorelasi positif dengan materi lain. Jika siswa belum mempunyai
kompetensi dalam operasi hitung bilangan maka materi berikutnya akan menjadi permasalahan. Dalam
menyelesaiakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan siswa
SMP kelas VII masih banyak yang mengalami kesalahan.Kesalahan ini diduga karena siswa masih
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu
dengan metode tes dan wawancara. Populasinya adalah siswa kelasVII SMP Muhammadiyah 8
Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami siswa
adalah: 1) Kesalahan konsep, 2) kesalahan prinsip dan 3) kesalahan prosedur. Untuk solusi
pemecahannya adalah: 1) Untuk mengatasi kesalahan konsep guru dapat menggunakan pembelajaran
kontekstual dengan media pembelajaran, 2) Untuk mengatasi kesalahan prinsip guru dapat
menggunakan model pembelajaran Osborn Parne dan drilling soal terstruktur, 3) Untuk mengatasi
kesalahan prosedure guru dapat menggunakan warming up pada apersepsi pembelajaran