Show simple item record

dc.contributor.authorUtami, Lina
dc.date.accessioned2016-03-31T01:42:20Z
dc.date.available2016-03-31T01:42:20Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationDepdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Evawati A dan Eko P. 2007. Filsafat Dunia Matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka Ponco Sujatmiko. 2005. Matematika Kreatif Konsep dan penerapannya. Solo : Tiga Serangkai PP No 19 tahun 2005 Sartika Hati. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas VII SMP Negri 2 Limboto. Universitas Negri Gorontalo. Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6964
dc.description.abstractTujuan makalah ini adalah menganalisis kesulitan siswa smp kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan dan solusi pemecahannya. Materi bilangan merupakan materi yang fundamental. Karena materi ini berkorelasi positif dengan materi lain. Jika siswa belum mempunyai kompetensi dalam operasi hitung bilangan maka materi berikutnya akan menjadi permasalahan. Dalam menyelesaiakan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan siswa SMP kelas VII masih banyak yang mengalami kesalahan.Kesalahan ini diduga karena siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu dengan metode tes dan wawancara. Populasinya adalah siswa kelasVII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami siswa adalah: 1) Kesalahan konsep, 2) kesalahan prinsip dan 3) kesalahan prosedur. Untuk solusi pemecahannya adalah: 1) Untuk mengatasi kesalahan konsep guru dapat menggunakan pembelajaran kontekstual dengan media pembelajaran, 2) Untuk mengatasi kesalahan prinsip guru dapat menggunakan model pembelajaran Osborn Parne dan drilling soal terstruktur, 3) Untuk mengatasi kesalahan prosedure guru dapat menggunakan warming up pada apersepsi pembelajaranin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectAnalisis kesulitanin_ID
dc.subjectOperasi Hitung Bilanganin_ID
dc.subjectPenyelesaian Masalahin_ID
dc.titleAnalisis Kesulitan Siswa Smp Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannyain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record