Show simple item record

dc.contributor.authorSufi, Laili Fauziah
dc.date.accessioned2016-03-31T01:45:02Z
dc.date.available2016-03-31T01:45:02Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAbdullah, N. I., Tarmizi, R. A., & Abu, R. (2010). The Effects Of Problem Based Learning On Mathematics Performance And Affective Attributes In Learning Statistics At Form Four Secondary Level. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8, 370-376. Asikin, M. (2001). Komunikasi Matematika dalam RME. Dipresentsikan pada Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Darma Yogyakarta, 14-15 Nopember 2001. Chakrabarty, S., & Mohamed, N. S. (2013). Problem Based Learning: Cultural Diverse Students’ Engagement, Learning and Contextualized Problem Solving in A Mathematics Class. WCIK EJournal of Integration Knowledge, 2289-5973. Choridah,D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 194-202. Diakses dari http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/35 Fatade,A. O., Mogari, D., & Arigbabu, A. A., (2013). Effects Of Problem Based Learning On Senior Secondary School Students’ Achievements in Further Mathematics. Acta Didactica Napocensia, 6(3), 27-44. Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU, 8(1). Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi, %20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2006%20Jurnal%20UNHAL U%202008%20_Komunikasi%20dlm%20Pembelajaran%20Matema tika_.pdf National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Reston Virginia. Riwati, H., & Noer,S. H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual. Dipresentasikan pada Stadium General dan Seminar Nasional Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 12 September 2015. Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya, Jurdik Matematika FPMIPA UPI, Bandung. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka, Jakarta. Whitcombe, S. W. (2013), Problem Based Learning Students’ Perception of Knowledge and Professional Identity: Occupational Therapist as ‘knowers’, British. Journal of Occupational Therapy, 1(76), 37-42.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6965
dc.description.abstractArtikel ini merupakan metode hasil kajian tentang Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan artikel ini untuk mengetahui bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa karena komunikasi merupakan bagian yang sangat penting pada proses pembelajaran matematika. Komunikasi matematis adalah kemampuan menyusun dan mengkonsolidasikan berfikir matematis siswa melalui komunikasi; mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren dan jelas kepada siswa lain, guru, dan lainnya; menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar; mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika; mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraf matematika dalam bahasa sendiri. PBL merupakan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. PBL menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran siswa belajar dari masalah nyata yang diberikan secara berkelompok dan menemukan solusi masalah tersebut secara mandiri. Langkah pembelajaran PBL yang melibatkan kelompok siswa dipacu untuk berkomunikasi dengan temannya. Demikian pula pada saat mempresentasikan hasil kelompok siswa dituntut untuk berkomunikasi dengan teman dan guru. Beberapa penelitian menunjukan bahwa PBL menunjukan kelebihannya dengan menunjukkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKomunikasi Matematisin_ID
dc.subjectproblem-based learningin_ID
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learningin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record