Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai
Date
2016-03-12Author
Raharjanti, Meliyana
Nusantara, Toto
Mulyati, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini akan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan
perbandingan senilai dan berbalik nilai. Pendeskripsian ini berdasarkan hal – hal yang perlu
diperhatikan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi
perbandingan senilai dan berbalik nilai yang telah diturunkan dari definisi kedua
perbandingan tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa SMP Negeri 2 Malang
yang terdiri atas 13 siswa (43,33%) laki – laki dan 17 siswa (56,67%) perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa
mayoritas siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan
berbalik nilai. Siswa memahami permasalahan tersebut sebagai permasalahan perbandingan
senilai. Akibatnya ia melakukan kesalahan pula dalam membentuk pemodelan matematika
permasalahan tersebut dan juga prosedur penghitungannya. Karena siswa tidak
memperhatikan hubungan antar kuantitas yang terlibat dalam suatu permasalahan yang
berkaitan dengan materi perbandingan, maka ia mengalami kesulitan untuk membedakan
permasalahan mana yang termasuk permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan
senilai atau berbalik nilai. Hal ini didukung oleh hasil wawancara terhadap guru Matematika
dan beberapa siswa secara acak.