Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model NHT Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads
Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan
awal terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams
Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar. Jenis penelitian eksperimen
semu dengan desain faktorial 2 x 3. Sampel penelitian diambil dengan Cluser Random Sampling
dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2015/2016. Teknik
pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes kognitif. Sebelum dilakukan analisis,
terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan
analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α = 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) ada
pengaruh model Numbered Heads Together dan Teams games Tournament terhadap hasil belajar.
2) tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar. 3) tidak ada interaksi antara
model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal
terhadap hasil belajar.