Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model NHT Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu
dc.contributor.author | Sholikhah, Farida Umi | |
dc.contributor.author | HW, Slamet | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T02:18:08Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T02:18:08Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Amalia,Ratna. Saputro,Sulistyo, dkk (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran TAI dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Dan Kemampuan Matematik”. Jurnal Inkuiri 3(11), 86 – 96. Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Budiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Pres. Charlton, B., Williams, R. L dan McLaughlin, T.F. 2005. Educational Games: A Technique to Accelerate the Acquisition of Reading Skills of Children with Learning Disabilities. International Journal of Special Education, 20(2), 66-72. Febrialdi.(2013).”Siswa Indonesia Peringkat 64 dari 64 Negara, tapi Paling Bahagia di Dunia” (online), (http://edukasi.kompasiana.com/2013/12/06/siswa -indonesia-paling- bahagia-di-dunia-615696.html, diakses tanggal 14 November 2015). Margono, Agus., Budiyono., Imam Sujadi. (2014). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Teams Games Tournament dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(02), 184 – 192. Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., Arora, A (2012). TIMSS 2011 Internasional Result in Mathematicts. United States: IEA. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka cipta. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supardi U.S. (2011). Intensitas Penilaian Formatif Dalam Pembelajaran Kalkulus Dengan Mengendalikan Kemampuan Awal Mahasiswa. Jurnal Formatif, 1 (1), 1-9. Van Wky,Micheal M. (2011). “The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students”. J Soc Sci 26(3), 183 – 193. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6974 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Sampel penelitian diambil dengan Cluser Random Sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes kognitif. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α = 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) ada pengaruh model Numbered Heads Together dan Teams games Tournament terhadap hasil belajar. 2) tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar. 3) tidak ada interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kemampuan Awal | in_ID |
dc.subject | Numbered Heads Together (NHT) | in_ID |
dc.subject | Teams Games Tournament (TGT) | in_ID |
dc.title | Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Model NHT Dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
Tren dan Isu-Isu Baru dalam Penelitian Matematika dan Pembelajarannya