Peran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri
Abstract
Salah satu cabang ilmu dalam matematika yang telah diajarkan kepada siswa mulai dari sekolah
dasar sampai perguruan tinggi adalah Geometri. Siswa dituntut untuk dapat membayangkan suatu
benda dalam benak mereka (visual spasial ) dalam penyelesaian masalah geometri. Sebagai contoh
jika siswa diminta untuk menemukan volum suatu benda ruang maka siswa harus dapat
membayangkan bagaimana bentuk benda tersebut serta menentukan cara untuk
menyelesaikannya..Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan
dalam menemukan jumlah kubus yang ada di dalam suatu benda, bahkan siswa yang berada di
Sekolah Menengah Atas masih mengalami kesulitan.salah satu kemampuan yang memegang
peranan penting dalam menunjang kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri
adalah kemampuan spasial. Tujuan dari penelitian kajian literatur ini adalah untuk menunjukkan
bahwa kemampuan spasial memiliki hubungan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan
masalah matematika khususnya masalah geometri. Kemampuan spasial siswa dapat dibagi menjadi
tiga kelompok berdasarkan cara siswa dalam menyelesaikan masalah. Dalam pembelajaran
geometri diharapkan guru dapat memberikan suatu model yang merepresentasikan konsep geometri
sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah.